27 Okt 2017 14:47
Realisasi Retribusi Kebersihan

Kotamobagu Utara Terendah

MyPassion

KOTAMOBAGU – Tingkat kepedulian kebersihan masyarakat Kotambobagu mulai baik. Namun, Kecamatan Kotamobagu Utara masih berada di angka 50 persen. Hal ini menjadi perhatian khusus Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotamobagu. Namun, untuk tingkat kepedulian masyarakat Kota Kotamobagu untuk menjaga kebersihan cukup baik. “Hal ini terlihat dari realisasi PAD untuk retribusi pelayanan kebersihan masih cukup bagus. Walaupun ada kecamatan yang masih dibawah 60 persen,” terang Kepala DLH Kotamobagu Alex Saranaung.

Dia menjelaskan, secara umum tingkat partisipasi masyarakat dalam membayar retribusi kebersihan sudah mencapai 78,42 persen. “Data ini sampai pertengahan bulan Oktober,” beber Saranaung. Namun, dia tak menampik masih ada yang pencapaian minim. “Paling rendah ada Kecamatan Kotamobagu Utara baru 57,15 persen,” terangnya.

Pencapaian beberapa Kecamatan tersebut, dipengaruhi oleh kontribusi masyarakat di tiap Kelurahan/Desa dalam membayar retribusi tersebut. Pada data yang tertera, Kelurahan Gogagoman menjadi yang tertinggi yakni sebesar 219,96% atau melebihi target yang telah ditetapkan, disusul Motoboi Kecil, Matali, Moyag Induk, Mongondow, Desa Sia’ dan Upai yang masing-masing mencapai target. “Adapun beberapa desa yang belum mencapai setengah dari target yang telah di tentukan yakni Desa Tabang dengan realisasi sebesar 18,98% disusul Mongkonai, Pontodon, Kotobangon, Motoboi Besar dan Genggulang yang belum mencapai setengah dari target,” katanya.

Saranaung mengaku, walaupun masih banyak yang rendah, namun dia cukup bangga atas capaian PAD tersebut. “Ini membuktikan jika tingkat kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan masih baik. Karena membayar retribusi adalah bentuk lain dari kepedulian menjaga kebersihan,” katanya.

Dirinya pun optimis jika pemerintah Kotamobagu mampu mencapai target 80 persen pada akhir Oktober ini. “Bahkan saya bisa menjamin jika PAD untuk Retribusi Pelayanan Kebersihan mencapai target 100 persen di akhir tahun,” tutupnya. (cw-04/fgn)

Kirim Komentar