26 Okt 2017 10:47

Telan Anggaran 161 M, TPA Regional Jadi Prioritas

MyPassion

MANADO—Di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw, sejumlah mega proyek akan segera direalisasikan. Salah satunya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional yang rencananya akan dibangun di kawasan eks HGU Ilo-ilo, Wori.

 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sulut Steve Kepel menjelaskan, TPA Regional ini meliputi wilayah Kota Manado, Kota Bitung, Kabupaten Minut, dan sebagian Kabupaten Minahasa. “TPA ini sudah memenuhi syarat untuk dibangun karena telah readiness criteria, yaitu kesiapan lahan, penetapan lokasi untuk pembangunan, masterplan dan DED (detailed engineering design), juga studi amdal,” paparnya.

Dia melanjutkan, TPA ini direncanakan akan dibangun di kawasan eks HGU Ilo-ilo, Wori dan untuk tahap pertama menggunakan lahan seluas 20 hektar. “Nilai pembangunan menelan biaya 161 miliar. Selanjutnya tahap kedua akan dibangun di lahan eks HGU yang sama dengan luas 30 hektare,” paparnya. Anggaran tersebut, lanjutnya, melalui investasi swasta. “Diharapkan teknik pengolahan sampah melalui dana investasi ini menggunakan metode thermal process. Teknik ini akan menghasilkan tenaga listrik dan meninggalkan residu yang relatif sedikit,” tutup Kepel.

Terkait hal ini, diungkapkan anggota Komisi III DPRD Sulut Marvel Dicky Makagansa, pelaksanaan pembangunan harus memperhatikan dampak panjang. “Karena TPA ini pasti akan digunakan dalam waktu yang lama. Kajian harus mendalam dan mempertimbangkan kehidupan mahkluk di sekitar lokasi,” sebutnya, sembari mengapresiasi Pemprov Sulut yang memikirkan membangun TPA Regional. “Karena diketahui, khusus Manado saja TPA-nya sudah over kapasitas,” tandasnya.(gel)

Komentar
Kirim Komentar