26 Okt 2017 14:05

Tak Dapat Rekomendasi, Dandes-ADD 76 Desa Ditahan

MyPassion
Ilustrasi

BOLTIM—Dari 80 desa di Boltim, baru empat desa yang mendapat rekomendasi proses pencairan dana desa (dandes) dan alokasi dana desa (ADD). Sementara 76 desa anggarannya masih ditahan pemerintah kabupaten, karena menunggu permohonan pencairan oleh pemerintah desa.

 

Diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Boltim Novie Linda Roringkon, instansinya hingga Rabu (25/10) kemarin, baru memproses lima permohonan pencairan tahap ke dua DD dan ADD. “Lima permohonan yang masuk, tapi baru 4 yang diberikan rekomendasi,” ungkap Roringkon.

Dirinya menjelaskan, pemerintah desa harus melengkapi sejumlah persyaratan yang harus dimasukkan, untuk bisa permohonan tahap kedua bisa diproses. “Ada banyak yang harus lengkap, dan itu kita tunggu untuk desa masukan,” tambahnya.

Dari beberapa dokumen wajib, Linda menjelaskan, di antaranya laporan realisasi penggunaan dandes dan ADD tahap I. “Tahap pertama kan 60 persen, itu laporannya harus jelas dan lengkap. Baru, 40 persen tahap kedua akan dicairkan oleh pemerintah kabupaten," tandas Roringkon.

Terkait laporan pertanggungjawaban tahap I, Roringkon menegaskan dokumen yang dimasukkan adalah yang sudah dilakukan pemeriksaan oleh inspektorat. “Lampirkan keterangan dari Inspektorat, bahwa telah dilakukan pemeriksaan dan perbaikan sesuai pokok hasil pemeriksaan Inspektorat,” jelas Roringkon.

Selain itu, Roringkon mengingatkan 76 kepala desa yang akan mengurus rekomendasi pencairan tahap dua untuk melakukan pelunasan pajak PBB. “Pajak PBBB harus lunas 100 persen. Sekaligus data nominatif aparatur desa yang telah diperbaharui, dimasukkan bersamaan,” tambahnya.

Menurut Roringkon, jika kepala desa lengkap memasukkan berkas permohonan maka rekomendasi pencairan dari PMD akan langsung keluar. “Kita tidak menahan, jika lengkap tentu langsung diproses rekomendasinya. Selanjutnya, di Badan Keuangan Daerah," tandasnya.(cw-02/gnr)

Kirim Komentar