26 Okt 2017 14:03

Akses Menuju Pabrik Gula Aren Diaspal

MyPassion
Tatong Bara

KOTAMOBAGU – Akses menuju pabrik gula aren di Desa Moyag Kecamatan Kotamobagu Timur bakal diperbaiki. Bahkan, usulan peningkatan akses jalan ini bakal diusulkan untuk dianggarkan di APBD tahun depan. “Tahun 2018 mendatang kita memprioritaskan peningkatan akses jalan menuju pabrik gula aren di Desa Moyag,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PU-TR) Sande Dodo.

Dibeberkannya, untuk anggaran proyek ini, akan diusulkan lewat APBD 2018. “Anggarannya masih dihitung, baru itu akan diusulkan di APBD tahun depan,” kata Sande.  Dia menjelaskan, akses jalan yang akan ditingkatkan dimulai dari kompleks perkampungan warga hingga ke lokasi pabrik yang panjangnya berkisar 1.000 meter hingga 2.000 meter. “Jadi yang akan diaspal itu sampai ke pabrik,” jelasnya.

Diketahui, usulan pengaspalan jalan menuju pabrik gula aren itu pernah disampaikan Sangadi Moyag, Rusmin Mamonto kepada Wali Kota Tatong Bara saat perayaan Halal bi Halal di Desa Moyag tahun lalu. Menurutnya, pengaspalan jalan tersebut sangat mendesak, karena selain menjadi akses petani juga di sekitar lokasi tersebut berdiri pabrik gula aren.

Menanggapi aspirasi masyarakat, Wali kota Tatong Bara yang mendengar langsung aspirasi tersebut berjanji akan menindaklanjutinya dengan mengalokasikan anggaran melalui APBD.  “Gula aren adalah produk unggulan Desa Moyag. Ini akan terus kita kembangkan. Selain pabrik, infrastruktur penunjang lainnya seperti akses jalan masuk ke pabrik akan ditingkatkan,” tandas Tatong. (MPG/fgn)

Kirim Komentar