25 Okt 2017 10:30

FPT di DPR RI, Dua Putra Sulut Layak Jabat Dubes

MyPassion
UJI KELAYAKAN: Mantan Gubernur Sulut SH Sarundajang saat mengikuti FPT calon duta besar di DPR-RI, kemarin.

JAKARTA—Dua putra Sulut, SH Sarundajang (SHS) dan Djauhari Oratmangun mengikuti fit and proper test (FPT) calon Duta Besar (Dubes) LBBP di Komisi I DPR-RI, Selasa (24/10) kemarin. Bersama 16 calon lain, SHS-Djauhari menjalani beberapa sesi FPT.

Menurut anggota Komisi I DPR-RI Djenri Keintjem, baik SHS maupun Djauhari direkomendasikan mampu menjalankan tugas sebagai Dubes. “Berdasarkan hasil pleno Komisi I, 18 nama yang diajukan Pak Presiden Jokowi layak. Termasuk Pak SHS dan Pak Djauhari,” sebut legislator dapil Sulut ini.

Dia melanjutkan dengan ucapan selamat bagi kedua putra Sulut ini. “Semoga bisa menjadi Dubes dan mampu menjalankan tugas dengan baik,” tandasnya.

Di samping itu, dijelaskan anggota Komisi I DPR-RI Nurdin Tampubolon FPT ini hanya memberikan pertimbangan. Menurutnya, beberapa yang menjadi penilaian, diantaranya pemahaman kandidat tentang negara tujuan serta bagaimana prospek hubungan diplomatik kedua negara ke-depan.

”Kebetulan pada hari ini ada negara yang strategis untuk ditempati duta besar kita, seperti Republik Rakyat Tiongkok, Jerman dan Spanyol. Hubungan perdagangan kita cukup besar dengan RRT dan Jerman, sehingga perlu kita melihat hal-hal yang akan dibantu calon Dubes saat mereka bertugas,” jelas Nurdin.

 “Juga bagaimana mendatangkan investor ke Indonesia dalam arti yang saling menguntungkan, termasuk mengenai penanganan isu-isu strategis, ini yang akan kita nilai apakah mereka layak atau tidak,” imbuhnya.(jpnn/gel)

Kirim Komentar