23 Okt 2017 09:58

Oh Ini Alasan JS Mundur Sebagai Penatua P/KB

MyPassion
James Sumendap

MITRA—Bupati Minahasa Tengggara (Mitra) James Sumendap (JS) menyatakan tidak akan diteguhkan sebagai pelayan khusus GMIM periode 2018-2021. Sumendap menyatakan pengunduran dirinya di hadapan jemaat GMIM Dame Tosuraya, Mitra. "Sudah saya sampaikan kepada jemaat di ibadah tadi," katanya.

Ketua Ikatan Alumni UKIT ini berkomitmen melayani Tuhan dan gereja lewat profesinya sekarang. Baginya, melayani tak dibatasi hanya menjadi pelayan khusus semata. Sebagai bupati, dirinya juga melakukan tugas pelayanan.

Setiap minggu bahkan hari, dirinya hadir di tengah-tengah jemaat baik di kala momen sukacita maupun dukacita. Pun, mengunjungi jemaat dan masyarakat yang sudah jadi rutinitas wajibnya. 

Tanggal 15 Oktober lalu, Sumendap terpilih sebagai calon Ketua Komisi P/KB GMIM Dame Tosuraya. Dirinya terpilih bersama para kepala daerah lain di jemaat masing-masing. Wali Kota Manado GSV Lumentut terpilih di GMIM Elim Malalayang, Wali Kota Tomohon Jimmy Eman di GMIM Maranatha Paslaten, dan Bupati Jantje Wowiling Sajow di GMIM Moria Sasaran.

Ini berarti, JS tak ikut meramaikan pemilihan Ketua P/KB Sinode GMIM nanti. Padahal, begitu namanya terpilih, banyak pihak yang meyakini, JS kans menduduki jabatan pelayanan itu. Meski demikian, sebagai anggota GMIM, dirinya 100 persen mendukung pelayanan. Bila nanti harus mengkritisi manajerial sinode, itu merupakan wujud kepeduliannya terhadap GMIM. Kalaupun akan menjadi pelayan, dirinya justru memilih jabatan sebagai wakil ketua terlebih dahulu. "Berjenjang," singkatnya.

Sumendap menyatakan kesiapan dirinya untuk tetap ikut dalam pelayanan di P/KB meski bukan berstatus penatua. "Tapi tetap saya akan terlibat dengan pelayanan bersama-sama dengan rekan-rekan di P/KB. Kalau pun memungkinkan, saya akan membantu tugas dalam pelayanan P/KB sebagai wakil ketua. Saya mempunyai nasar nantinya setelah selesai dalam pelayanan kepada seluruh masyarakat, saya bersedia memberi diri secara penuh dalam pelayanan gereja," beber Sumendap.

Dia mengaku bersyukur karena masih dipercayakan memberikan pelayanan, baik kepada masyarakat dan gereja. "Secara pribadi juga saya sangat merasa bersyukur karena masih diberikan kesempatan dari Tuhan untuk bisa melakukan pelayanan bagi gereja maupun masyarakat," katanya.(tr-04/gel)

Kirim Komentar