23 Okt 2017 10:11

Deklarasi RJC, Bantu Nelayan-Pedagang

MyPassion
BANGUN KOMITMEN: Deklarasi RJC Sulawesi Utara di bawah Jembatan Soekarno.

MANADO-Relawan Jokowi Centre (RJC) menggelar aksi sosial berupa kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis, di Pasar Bersehati, Jumat (20/10), pekan lalu.

Terpantau kegiatan dimulai sekitar pukul 10.00 Wita dan langsung dipenuhi masyarakat. Nampak warga begitu terbantu dengan aksi dari RJC itu. Dalam kegiatan, RJC bekerja sama dengan PD Pasar Kota Manado, Palang Merah Indonesia (PMI) Sulut, Fakultas Kedokteran Unsrat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Dinas Kesehatan Sulut.

Sekretaris RJC Sulawesi Utara Beatrix Nidya Pontolaeng mengungkapkan, kegiatan tersebut dilaksanakan karena tepat tiga tahun pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK). “Kami juga menyesuaikan program nawacita pak Jokowi. Program seperti ini yang pak Jokowi mau,” ungkap perempuan yang akrab dipanggil Bella itu.

Ia juga menambahkan, dalam kegiatan donor darah sudah ada 100 kantong terkumpul. Dan sekitar 300 warga sudah menjalani pemeriksaan kesehatan. “Saya berterima kasih pada warga, karena begitu antusias mengikuti program kami. Kegiatan sengaja kami lakukan di pasar, karena kebanyakan pedagang dan nelayan terlalu fokus kerja. Dan lupa akan kesehatannya,” tambahnya.

Salah satu warga, Yetty menyatakan, sangat terbantu atas program pemeriksaan kesehatan gratis tersebut. “Ini kegiatan yang baik. Karena sangat membantu kami pedagang. Saya menderita penyakit gatal dan belum sempat ke dokter karena sibuk kerja. Tapi dengan adanya pemeriksaan dari RJC di pasar, saya dapat pengobatan gratis,” ujarnya saat diwawancarai selesai berobat.

Acara donor darah dan pemeriksaan gratis selesai sekira pukul dua siang. Dilanjutkan dengan deklarasi yang dilaksanakan di belakang Jembatan Soekarno dengan view laut.

Dalam deklarasi, turut hadir Gubernur Provinsi Sulut yang diwakili Kepala Kesbangpol Provinsi Sulut Steven Liow SSos MM, yang juga memberikan sambutan. Acara deklarasi dibuka dengan menyanyi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Liow mengatakan, sangat mendukung program RJC karena beberapa program sesuai nawacita Jokowi. “Saya mengapresiasi kegiatan donor darah dan kesehatan gratis yang dilakukan di kompleks pasar. Nawacita Jokowi memang harus dilakukan semua unsur, bukan cuma pemerintah,” ungkapnya.

Sementara Ketua Koordinator RJC Daerah Sulawesi Utara Jemmy Mokolengsang SH menegaskan, para pendiri bangsa (founding father) telah meletakkan dasar yang kokoh untuk mencapai cita-cita kemerdekaan Indonesia yakni masyarakat adil dan makmur. “Kami menegaskan ulang bahwa Pancasila, UUD 45 dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai azas dan pedoman hidup berbangsa dan bernegara yang terbaik dan final bagi bangsa Indonesia,” katanya.

Dia mengatakan, Presiden Pertama Bung Karno mencetuskan Trisakti yakni berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian di bidang kebudayaan, sebagai pedoman utama membangun bangsa.  Gagasan besar tersebut, digelorakan dan diteguhkan kembali Presiden Joko Widodo, melalui Nawacita dan Revolusi Mental, menjadi pijakan dan arah pemerintahan  dalam melakukan pembangunan nasional. “Kami melihat konsistensi Presiden Joko Widodo dalam menjalankan garis dan pendoman Trisakti tersebut menjadikan Indonesia pusat perhatian dunia. Tiga  tahun pemerintahan Jokowi berhasil melakukan pembangunan infrastruktur diantaranya, tol darat, tol laut, bandar udara, bendungan dan lain-lain yang sangat cepat dan merata  di seluruh Indonesia,” urainya.

Dia menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Indonesia antara 5-6 %, satu capaian yang baik, di tengah krisis dan stagnasi ekonomi secara global. Satu tantangan masih akan terus dihadapi bersama baik pemerintah, pengusaha dan masyarakat sipil adalah kesenjangan sosial ekonomi yang masih tajam. “Kami melihat ada ancaman dan tantangan dari suatu kekuatan politik yang berusaha menggantikan ideologi Pancasila, UUD 45 dan Bhinneka Tunggal Ika. Maka diperlukan usaha bersama untuk menegaskan dan meneguhkan kembali bahwa Pancasila dasar negara Indonesia sudah final. Ini dikarenakan ketegasan dan keberanian presiden dalam bersikap untuk menjaga ideologi Pancasila dan kedaulatan NKRI, patut mendapat dukungan seluruh rakyat Indonesia. Indonesia membutuhkan pemimpin yang memiliki visi besar, berani dan bekerja karas untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan,” katanya. 

Hari ini, tepat tiga tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo, relawan yang tergabung di ‘Jokowi Centre’ dari berbagai Agama dan kepercayaan, Suku Ras dan Antar golongan (SARA) dari seluruh Nusantara membentuk dan mendeklarasikan terbentuknya Jokowi Centre (JC) sebagai bentuk dukungan rakyat Indonesia kepada Bapak Joko Widodo agar terpilih kembali menjadi Presiden Republik Indonesia untuk periode kedua 2019. “Kami mencermati, pada Pemilu 2019, akan berlangsung pemilihan presiden dan pemilihan legislatif secara bersamaan. Oleh sebab itu, peran organisasi relawan akan  menjadi lebih penting dari pada pemilihan presiden pada 2014. JC akan menggelorakan kembali semangat relawan hingga  ke akar rumput. JC akan  mensinergikan gerakan relawan dengan partai politik pendukung Jokowi, agar parlemen di semua tingkatan bisa dimenangkan oleh mayoritas partai pendukung,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Koordinator RJC Kota Manado Frederick Tangkau menyampaikan, sehubungan dengan nawacita Jokowi dalam membangun tol laut, maka diambil view laut dalam melakukan deklarasi. “Kami RJC mendukung penuh program nawacita. Dengan membantu masyarakat pinggiran, dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan,” ucap Tangkau.

Dia menuturkan, kegiatan sosial akan rutin dilakukan RJC. Desember nanti akan dilakukan lagi di kawasan pemulung. “Kami akan lakukan pemeriksaan kesehatan gratis di pemukiman pemulung. Dan akan memberikan bantuan kepada anak kurang mampu di sana, berupa buku, tas, dan keperluan lainnya,” tutupnya. Turut Hadir Direktur PD Pasar Kota Manado yang diwakili Kabag Umum Heintje Lumentut. (ctr-05/ite)

Kirim Komentar