21 Okt 2017 15:13
Pemprov Sulut-CCCC Tanda Tangan MoU

KEK Bitung Dikebut

MyPassion
KAWAL: Gubernur Olly Dondokambey, didampingi Wagub Steven Kandouw, dan Sekprov Edwin Silangen menerima kunjungan CCCC dan menandatangani MoU terkait pembangunan KEK Bitung, kemarin.

MANADO—Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kota Bitung segera terealisasi. Dengan perjuangan Pemprov Sulut, Jumat (20/10) kemarin dilakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Pemprov dengan China Communications Constructions Company (CCCC) terkait pembangunan KEK Kota Bitung. Pemprov Sulut diwakili Gubernur Olly Dondokambey, didampingi Wagub Steven Kandouw, dan Sekprov Edwin Silangen.

Sementara dari pihak CCCC hadir Mr Wang Liping, Minister Counselor Mr Dong Futang, anggota direksi dan Kepala Bagian Keuangan CRBC Mr Zhou Yung, Manager Departemen Investasi CRBC Mr Wen Yuegang, GM Kantor Perwakilan CRBC di Indonesia, dan sejumlah investor dari 13 perusahaan besar Cina. Selain KEK Bitung, Gubernur Olly juga mengatakan pengusaha Cina tertarik berinvestasi di KEK Pariwisata Likupang dan Pulau Lembeh.

“Paling utama KEK Bitung, KEK Pariwisata, dan Pulau Lembeh. Tadi itu baru tandatangan MoU, nanti tindaklanjuti tanda tangan kontrak karena semua ada tahapan-tahapannya,” jelas Olly Dondokambey.

Lanjut Olly, ke depan Pemprov Sulut dan pemerintah Cina juga akan meningkatkan kerjasama sektor perdagangan dan tenaga kerja. “Ekspor-import Cina dan Indonesia termasuk Cina dan Sulawesi Utara harus ditingkatkan. Di sektor tenaga kerja juga demikian. Pihak mereka berkomitmen bekerjasama dengan kita menciptakan tenaga kerja berkualitas yang bisa dipekerjakan di sana,” terang gubernur.

Selain investasi, dia berharap bisa dibuka perdagangan langsung pemerintah lewat Sulut. Delegasi pemerintah Cina yang dipimpin Minister Counselor Wang Liping sangat berterima kasih kepada  pemerintah Sulut  atas kerjasama ini. “Pemerintah Cina pun melalui kantor ekonomi dan perdagangan mengundang pejabat Pemprov Sulut berkunjung ke Cina,” ujarnya sembari menambahkan, biaya akan ditanggung mereka.

Ke depan mereka juga berencana memberikan beasiswa kepada  pelajar atau mahasiswa yang belajar di sana. “Dengan harapan prospek ke depan Sulut akan baik,” tutupnya.(gel)

Kirim Komentar