19 Okt 2017 11:19
Partai Idaman Tak Lengkapi Syarat

17 Berkas Parpol Dikuliti

MyPassion

MANADO—Secara resmi 17 partai politik (Parpol) mendaftarkan diri di KPU Kota Manado, hingga Selasa (17/10). Jika sebelumnya ada 18 partai, namun hingga batas waktu yang ditentukan Partai Idaman tak mampu melengkapi berkas yang diminta KPU dan akhirnya otomatis tak bisa mengikuti Pemilu di Kota Manado.

 

Sekarang KPU memasuki tahap penelitian administrasi. Ketua KPU Manado Yusuf Wowor mengatakan, setiap berkas dan dokumen yang masuk ke KPU akan dikuliti. “Kita akan lihat apakah sesuai atau tidak. Jika ditemukan data keanggotaan yang berbeda, maka KPU akan menindak lanjuti masalah tersebut,” beber Wowor.

Begitu juga jika ditemukan data anggota ganda, maka KPU akan mencoret nama yang sama dalam satu partai. KPU juga bakal turun menemui yang bersangkutan untuk diklarifikasi. “KPU memberikan waktu bagi parpol peserta pemilu memperbaiki berkas tersebut. Namun jika ditemukan masalah yang fatal, bersama Panwaslu kita akan bertindak sesuai aturan,” tegas Wowor.

Ditambahkan komisioner Rommy Polii, di Manado ada 17 parpol yang mendaftar. Jika di daerah lain atau pusat ada parpol yang lolos namun tak mendaftar di Manado, tetap bisa mengikuti Pemilu. “Hanya di Manado mereka tak memiliki pengurus. Ini akan berpengaruh pada aturan yang mengatakan, kepengurusan di tingkat kabupaten/kota harus 75 persen," ungkap Polii. Terkait tahapan penelitian administrasi, lanjut Polii, akan berlangsung sampai 15 November 2017.(ctr-03/gel)

Kirim Komentar