17 Okt 2017 10:55

Musdalub Tak Lewat Oktober, 21 Hak Suara PG Diperebutkan

MyPassion
Ilustrasi

MANADO—Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) Partai Golkar (PG) Sulawesi Utara (Sulut) dipastikan digelar Oktober ini. Dari informasi yang beredar, 20 Oktober dipilih menjadi momen pergantian Ketua DPD I PG Sulut. Kader PG asal Bolmong Raya Feryando Lamaluta yang ditunjuk sebagai ketua panitia Musdalub saat diwawancarai kemarin mengatakan, panitia segera berkonsultasi dengan DPP PG terkait waktu Musdalub. “Ada beberapa tanggal alternatif yang kita ajukan. Di antaranya 20 Oktober,” ujar Lamaluta.

Terkait itu, lanjutnya, DPP yang menentukan. “Kita tunggu petunjuk dari DPP. Tanggal pastinya kemungkinan bisa kita ketahui pekan ini. Tak akan lewat Oktober,” tukasnya. Kemudian mengenai tempat pelaksanaan, muncul opsi jika akan digelar di Jakarta. “Kami coba ajukan digelar di Manado. Tapi ada usul lain di Jakarta. Sekali lagi, keputusan itu kita serahkan ke DPP,” lanjutnya.

Mengenai hak suara sesuai aturan partai ada 21 suara. Terdiri atas ketua DPD II di 15 kabupaten/kota, kemudian masing-masing satu suara DPP, AMPG/KPPG, DPD demisioner, Dewan Pertimbangan, organisasi mendirikan, dan organisasi didirikan. 21 suara ini akan diperebutkan para kandidat. “Semua kader punya kesempatan menjadi kandidat,” tutup Lamaluta.

Di sisi lain ada dua nama yang menguat memimpin PG Sulut. Yakni Stefanus Vreeke Runtu (SVR) dan Christiany Eugenia Paruntu (CEP). Jika melihat peta kekuatan, CEP hampir pasti memegang suara 10 DPD II yang mengajukan mosi tak percaya pada SVR beberapa waktu lalu. Sedangkan SVR punya modal 5 DPD II yang diketahui adalah kader loyal mantan Bupati Minahasa dua periode itu.

Diperkirakan DPP akan abstain, dan lima suara lain belum bisa dipastikan akan melabuhkan pilihan ke siapa. Sekretaris DPD II PG Sulut Edison Masengi mengatakan, sekarang ini partai berlambang pohon beringin itu sedang fokus pada verifikasi di KPU. "Sembari panitia yang sudah ditunjuk menjalankan tahapan Musdalub. Secepatnya digelar karena ini juga bagian dari usaha partai merebut kemenangan di Pilkada 2018," pungkasnya.(gel)

Kirim Komentar