16 Okt 2017 11:50
Hari Ini Pendaftaran Ditutup

Puluhan Parpol Terancam Tak Lolos

MyPassion

MANADO—Pendaftaran partai politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2019 ditutup hari ini pukul 24.00 Wita. Hal tersebut ditegaskan komisioner KPU Sulut Ardiles Mewoh.

Menurutnya, KPU tidak menambah waktu pendaftaran. “Parpol yang tidak mendaftar di daerah masing-masing tidak mempunyai hak untuk mengikuti pemilu di daerah yang tidak terdaftar," ucapnya.

Senada disampaikan Komisioner KPU (Sulut) Vivi George.  KPU tidak akan meloloskan bila tidak mendaftar.

George juga menambahkan hari ini KPU Sulut akan melakukan supervisi ke 15 kabupaten/kota untuk mengecek persiapan dan mencari tahu apakah terdapat masalah yang di alami KPU di kabupaten/kota tersebut.

“Walaupun partai tersebut telah mendaftar di KPU-RI namun tidak mendaftar di kabupaten/kota, parpol tidak bisa menjadi peserta pemilu di daerah tersebut,” tukasnya.

Sementara itu Komisioner KPU Kota Manado divisi hukum Rommy Polii pihaknya sampai saat ini baru menerima delapan berkas parpol peserta pemilu yaitu, Perindo, PSI, PDIP, Nasdem, Gerinda, PPP, PAN, Partai Berkarya.

Di sisi lain, sesuai dengan data Kemenkum HAM, ada 73 parpol yang terdaftar. Sayangnya hingga Minggu (15/10) kemarin, khusus Kota Manado baru delapan yang mendaftar. Sisanya diperkirakan baru akan memasukkan datanya hari ini.(dewa/gel)

Kirim Komentar