14 Okt 2017 10:27

Lelang 20 Kendaraan Dinas

MyPassion
ilustrasi. net

KOTAMOBAGU—Sebanyak 20 unit kendaraan roda empat milik Pemkot Kotamobagu dipastikan segera dihapus dari daftar aset. Mekanisme penghapusan akan ditempuh dengan melepas aset-aset itu melalui proses lelang. Kini, Bidang Aset pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) sedang menunggu turunnya jadwal lelang dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Perwakilan Manado.

Kepala BPKD Rio Lombone mengatakan, pihaknya secara teknis sudah siap menggelar lelang. Saat ini tinggal menunggu penetapan jadwal pelaksanaan oleh KPKNL Manado. “Penilaian sudah dilakukan oleh KPKNL. Jadi kita tinggal menunggu jadwal yang akan ditetapkan oleh mereka,” ujar Lombone.

Di lain sisi, Kabid Aset BPKD Yosnandi Damopolii menuturkan, 20 unit kendaraan dinas yang siap dilelang, sebagian besar merupakan hibah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong. “Sekira 90 persen aset yang akan dilelang adalah hibah dari daerah induk (Pemkab Bolmong). Hanya ada tiga unit yang dibeli langsung Pemkot Kotamobagu,” tukasnya.

Hanya saja, ia tidak merinci jenis ke-20 kendaraan dinas yang akan dilelang. Namun diperkirakan yang bakal dilepas itu di antaranya mobil jenis Toyota Innova, Toyota Avanza, serta Daihatsu Xenia.

Lanjut Damopolii, sebagian besar kendaraan-kendaraan hibah dari pemerintah induk itu, diketahui merupakan produksi atau keluaran lama dari pabrikan. Beberapa di antaranya bahkan kerap masuk-keluar bengkel karena mengalami gangguan mesin.

Kekurangan-kekurangan itu pula yang secara tidak langsung diakui Yosnandi Damopolii, terkait segera dilelangnya 20 kendaraan dinas tersebut. Di mana dari sisi nilai, aset dimaksud terus menyusut setiap tahunnya. “Di samping itu, kalau tidak secepatnya dilelang akan membebani biaya perawatan. Nilai ekonominya sudah dibawah dari biaya perawatan yang harus dibebankan dalam APBD,” ujarnya.

Selain akan melepas aset berupa 20 unit mobil, BPKD juga mengagendakan melelang material bekas bongkaran aula kantor wali kota. "Melalui proses lelang bersama dengan lelang 20 unit roda empat itu,” pungkas Yosnandi.(cw-04/fgn)

Kirim Komentar