14 Okt 2017 10:17

72 Pedagang Bakal Isi Plaza Ratahan

MyPassion
PUSAT PEREKONOMIAN: Plaza Ratahan akan menjadi salah satu ikon Kabupaten Minahasa Tenggara. foto: Hesly Marentek/MP

MITRA—Plaza Ratahan yang diresmikan sejak Mei lalu, tak kunjung beroperasi. Hal ini disebabkan penataan pedagang yang akan mengisi Plaza Ratahan masih sementara dilakukan. "Kami prioritaskan pedagang dari Mitra. Sejauh ini kami sudah bagikan 60 format formulir kepada pedagang lama yang akan berjualan di Plaza Ratahan. Semuanya sudah dikembalikan," beber Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Menengah Marie Makalow, Jumat (13/10). Disediakan 12 kios juga untuk pedagang lama sembako. "Jadi total pedagang 72 Kios tersedia dan sudah terisi," tambah Makalow.

Pembagian formulir, dijelaskan Makalow merupakan sosialisasi tahap satu. Karena Plaza Ratahan ditargetkan ramai diisi pedagang dan pengunjung. "Dalam sosialisasi tahap satu, kami bagikan format formulir. Ini mengacu kepada Perda Pengelolaan Pasar dan Retribusi. Karena kami berharap pedagang yang berjualan di Plaza Ratahan mampu mengelola usahanya dan membayar biaya retribusi,” paparnya.

Selain itu, dikatakan Makalow, Plaza Ratahan juga akan diisi berbagai tenant, tak hanya pedagang. "Kami juga akan mencari investor yang mau berjualan makanan cepat saji, pakaian, serta tempat game anak. Supaya nanti tempat ini bisa terus ramai," terangnya.

Ditargetkan, Plaza Ratahan sudah bisa beroperasi Desember nanti. "Untuk SLO sudah selesai. Tinggal menunggu APBD Perubahan untuk disahkan. Kemudian baru dibayarkan ke PLN 80 juta," bebernya.

Anggota DPRD Mitra Vocke Ompi mendukung jika pedagang di Plaza Ratahan diprioritaskan warga Mitra.

"Karena dibangunnya Plaza Ratahan diperuntukkan bagi para pedagang yang memang berasal dari Mitra. Dengan begitu mampu meningkatkan perekonomian di Mitra," tukasnya. (tr-04/gel)

Kirim Komentar