13 Okt 2017 12:56
Pengurusan Administrasi Kependudukan Diperketat

Waspada E-KTP Palsu

MyPassion

KOTAMOBAGU — Penemuan sindikat pemalsuan KTP elektronik (E-KTP) mendapat perhatian khusus Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Kotamobagu. Penguran administrasi kependudukan pun diperketat.  Setiap penerbitan dokumen kependudukan, harus membawa surat keterangan dari desa dan kelurahan setempat.

 

Selain itu Dinas Dukcapil Kotamobagu juga langsung  melakukan perekaman E-KTP di setiap desa, kelurahan hingga tingkat sekolah. “Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya peredaran dokumen kependudukan palsu di wilayah Kotamobagu,” terang Sekretaris Dinas Dukcapil Mulyono Mokodompit.

Dia pun menegaskan, hingga saat ini di Kotamoabgu belum ditemukan peredaran E-KTP palsu. “Belum ada. Kita berharap tidak ada,” katanya. Ia pun mengimbau masyarakat agar melakukan pengurusan administrasi kependudukan langsung di kantor catatan sipil. “Pengurusan langsung datang ke kantor. Jangan melalui calo. Karena beresiko,” katanya.

Selain akan diminta pungutan, lanjut Mokodompit, jika mengurus melalui calo beresiko kasus E-KTP palsu. “Hal ini juga untuk menghindari E-KTP palsu,” pungkas Mokodompit.  (cw-04/fgn)

Kirim Komentar