13 Okt 2017 12:52

Berantas Buta Huruf

MyPassion
KOMITMEN: (Dari kiri) Kadis Pendidikan Abdul Maloho SPd, Wakil Bupati Suriansyah Korompot, dan Bupati Depri Pontoh.

BOROKO--Memperingati Hari Aksara Internasional ke-52, Bupati Drs Hi Depri Pontoh secara resmi membuka kegiatan lomba bagi warga dan ASN di Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF-SKB). Bertempat di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (12/10).

Dalam sambutannya, Pontoh menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan. Dan diharapkan dapat memperkuat semangat dan komitmen seluruh komponen pengajar maupun masyarakat, dalam memberantas buta huruf di Bolmut.

Dikatakan Pontoh, Hari Aksara Internasional adalah gerakan pemberantasan buta aksara. Dicetuskan 52 tahun lalu pada kongres Menteri-Menteri Pendidikan se-Dunia di Teheran, Iran.

Bagi Indonesia, kata Pontoh, gerakan ini merupakan perwujudan salah satu amanat dalam pemukaan UUD 1945. Yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk itu, bupati mendukung upaya-upaya untuk terus meningkatkan penyelenggaraan pendidikan nonformal di daerah.

Pemberantasan buta aksara, lanjutnya, diharapkan bisa menjadi tanggung jawab bersama. Setiap orang bisa berkontribusi dengan langkah-langkah konkrit. Dimulai dari lingkungan keluarga.

Selain itu, memberantas buta aksara dapat dilakukan dengan melestarikan budaya membaca dan menulis. Lewat pelaksanaan kegiatan atau perlombaan baca tulis oleh warga sekolah yang dapat diakses masyarakat umum.

Warga juga bisa berperan aktif menghidupkan perpustakaan. Dengan ikut bertukar bacaan, mengadakan kegiatan literasi bersama siswa dan guru di sekolah. "Marilah kita teruskan komitmen dan upaya bersama untuk membebaskan daerah dan negara ini dari buta aksara," seru Pontoh.(tr-05/har)

Kirim Komentar