12 Okt 2017 13:16

Urus Izin Harus Lunas PBB-P2

MyPassion

MINAHASA – Realisasi pajak untuk sektor Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) masih jongkok. Sesuai data Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kabupaten Minahasa, realisasi PBB-P2 masih minim. Untuk target tahun ini yaitu Rp 5,3 miliar, realisasi baru menyentuh Rp 1,9 miliar atau 37,6 persen. Padahal, deadline pelunasan PBB-P2 akhir Oktober.

Hal ini terlihat dari masih rendahnya capaian target PBB-P2 Kabupaten Minahasa. Ya, dari data Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) memasuki dua minggu terakhir, baru mencapai 37,62 persen. Atau baru sekitar, Rp.1,9 M dari target Rp 5,3 M.

Kepala BP2RD Kabupaten Minahasa Jan Luntungan menjelaskan, kondisi ini memang kerap terjadi jelang deadline pelunasan. “Bukan pesimis, namun dari tren tiap tahunnya, besaran maksimal realisasi tak lebih dari 70 persen,” katanya.  Hal ini menurutnya sudah menjadi kebiasaan orang Minahasa. “Sudah berbagai upaya kita lakukan, tapi hasil tetap di luar harapan,” sesalnya.

Meski begitu, dia melanjutkan, pihaknya tetap mengoptimalkan sisa waktu hingga akhir bulan. “Koordinasi bersama instansi terkait, lebih khususnya menggiatkan pemerintah kecamatan, kelurahan dan desa terus dilakukan,” tambahnya. Dalam waktu dekat, lanjutnya, pihaknya akan memanggil semua perwakilan dari kepala jaga sampai camat. Dan tak tertutup kemungkinan, kerja sama dengan dinas Perizinan Terpadu Satu Pintu.  “Misalnya ada subjek pajak yang ingin mengurus perizinan, bisa dilayani tapi harus melampirkan bukti SPPT Lunas. Begitu juga dengan di Disdukcapil, pengurusan KTP, KAK dan lainnya disarankan menyelesaikan dulu tunggakan PBB-P2 baru dilayani. Tapi sementara kita koordinasikan dulu teknisnya seperti apa,” bebernya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Elvis Mingkid membenarkan adanya upaya bersama terkait peningkatan penerimaan daerah. “Jadi segala jenis izin yang kita keluarkan, sudah sesuai aturan. Salah satunya, wajib lunas PBB-P2. Kalau tidak lengkap, mohon maaf tidak bisa kami layani,” singkat Mingkid. (cw-01/fgn)

Kirim Komentar