12 Okt 2017 09:50

Pemda Masih Parkir 3,7 T di BSG

MyPassion
Jeffry Dendeng

MANADO – Pemerintah Daerah (Pemda) yang menitipkan anggaran daerah di Bank Sulut Gorontalo ternyata masih parkir sekira 3,7 triliun. Sesuai data keuangan per triwulan III, Dana Pihak Ketiga (DPK) dari Pemda sebanyak 31 persen dari total DPK yaitu 12,1 triliun. Itu berarti, ada sekira 3,7 triliun dana Pemda yang masih mengendap di BSG. “Untuk DPK, kita terbagi dua. Dana dari Pemda untuk posisi September tahun ini ada 31 persen. Turun dari waktu yang sama tahun lalu yaitu 34 persen,” beber Direktur Utama BSG Jeffry Dendeng, kemarin (11/10).

Dia menjelaskan, angka ini akan terus menurun. “Untuk trennya, biasanya DPK yang berasal dari dana Pemda itu menurun. Apalagi jelang tahun anggaran,” ungkapnya. Hal ini katanya, disebabkan oleh penyerapan anggaran yang akan terus digenjot Pemda. Penyerapan ini, lanjutnya berupa penyelesaian proyek baik fisik maupun non fisik. “Biasanya Pemda akan terus menguras APBD untuk menyelesaikan proyek. Nah, dengan begini DPK Pemda akan terus berkurang,” ujarnya.

Hingga akhir tahun, lanjut Dendeng, untuk DPK Pemda diproyeksi akan tersisa sekira 10 persen dari total DPK. “Biasanya, sampai akhir tahun total anggaran daerah yang masih tersimpan ada 1,2 triliun,” sebutnya. Hal ini menurutnya adalah sesuatu yang wajar. “Ya, biasanya ada sisanya. Tidak sampai nol,” pungkas Dendeng.

Terpisah, pengamat ekonomi Sulut Dr Joubert Maramis menilai, dari sisi uang beredar, tentu semakin besar serapan atau penggunaan dana, berarti semakin banyak uang di masyarakat. “Bagi saya juga bukan hanya presentasi serapan. Tapi pada kualitas realisasi belanja. Kalau belanja rutin lebih dominan dibanding belanja produktif, spillover dalam ekonomi lambat karena value added rendah,” sebut Maramis.

Ia pun berharap, penyerapan anggaran daerah akan maksimal sampai akhir tahun. “Kita berharap bisa 100 persen di akhir tahun. Karena itu, kepala daerah harus gencar melakukan rapat evaluasi agar SKPD secepatnya realisasikan kegiatannya. Jangan tertumpuk di akhir tahun,” pungkasnya. (***)

Kirim Komentar