12 Okt 2017 10:10

Duet Politisi-Birokrat Paling Ideal

MyPassion

MANADO—Kolaborasi politisi dan birokrat dinilai paling ideal menghadapi pertarungan pilkada nanti. Hal ini diungkapkan pengamat politik Sulut Ferry Liando, kemarin (11/10).

 

Menurutnya, karena politisi dan birokrat akan saling mengisi. Politisi dinilainya punya kemampuan membangun strategi dan jaringan. Termasuk punya basis massa. Sementara birokrat, bermanfaat pada saat proses pemerintahan sedang berjalan.  "Karena banyak politisi yang tidak memiliki kemampuan manajerial pemerintahan atau birokrasi. Sehingga sangat ideal jika politisi itu didampingi birokrat," terangnya.

Menurutnya, umumnya daerah berhasil dengan kombinasi ini. "Politisi punya hubungan secara parsial dengan DPRD sementara birokrat punya hubungan hirarki dengan struktur aparatur. Itu menjadi salah satu keunggulan," lanjut akademisi Unsrat ini.

Di sisi lain, politis punya kemampuan lobby. Sedangkan birokratis punya kemampuan operasional pemerintahan. "Keduanya tentu ada kelebihan dan keterbatasan, sehingga jika dikombinasikan akan saling melengkapi," terangnya.

Lanjutnya, pasangan politisi dan birokrat juga yang paling jarang ‘bercerai’ di tengah jalan. “Sebaliknya, pasangan latar belakang sama mudah konflik dan akhirnya bercerai,” katanya.

Misalnya politisi dengan politisi. Biasanya di awal pemerintah atau pertengah terjadi konflik kepentingan. “Karena keduanya mempunyai kepentingan politik masing-masing. Apalagi beda partai,” tutupnya. (wan/can)

Komentar
Kirim Komentar