11 Okt 2017 08:44

Manado Tempat Transit ke Tiongkok

MyPassion

MANADO—Sulawesi Utara menjadi pintu gerbang Asia Pasifik mulai terwujud. Setelah maskapai Lion Air membuka rute penerbangan reguler dari Manado ke empat kota di Tiongkok.

General Manager Lion Air Cabang Manado Irwan mengatakan, penerbangan reguler Manado-Tiongkok sudah berlaku sejak 1 Oktober lalu. “Penerbangan langsung sudah dibuka. Tingkat isian cukup menjanjikan. Bahkan untuk rute Guangzhou sampai 100 persen,” sebutnya.

Bukan hanya di Guangzhou, kata Irwan, di tiga kota tujuan lain seperti Changsa, Shenzen, dan Pudong, bisa mencapai 80-90 persen keterisian seat penumpang.

Untuk rute ini, lanjutnya, selain Manado, ada juga di Bali. “Jadi untuk rute Manado-Tiongkok, kita buka di dua kota. Di Manado dan di Bali,” kuncinya.

Pengamat Pariwisata Hendra Tawas mengatakan, efek positif dibukanya jadwal penerbangan reguler tersebut, menjadikan Manado sebagai daerah transit. “Lama tinggal wisatawan lokal yang akan melancong ke luar negeri itu minimal satu hari. Pasti berpengaruh pada tingkat hunian hotel di daerah ini,” sebut Tawas.

Para wisatawan lokal ini pun, lanjutnya, tidak perlu lagi jauh-jauh lagi ke transit di Jakarta. “Minimal perusahaan maskapai dapat menargetkan penumpang lokal dari wilayah Indonesia bagian tengah dan bagian timur,” imbuh Tawas.

Di sisi lain, Executive Secretary Hotel Arya Duta Manado Yona Lontoh menyebutkan, tingkat kunjungan wisatawan yang menginap di Arya Duta cukup tinggi. “Sejak dua bulan lalu kita full book. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara sama-sama banyak,” katanya.

Terkait pembukaan rute baru Lion Air yang menyebabkan kunjungan wisatawan lokal ke Manado, dia menuturkan, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab hotel full book. “Bisa jadi. Mungkin itu salah satu faktor banyak wisatawan lokal yang datang menginap di hotel,” pungkasnya.

Terbukti, sejumlah wisatawan lokal yang ingin berlibur ke Tiongkok, singgah di Manado. “Kami dari Surabaya ingin ke Guangzhou. Datang ke Manado karena penerbangan ke Guangzhou ada dari kota ini,” sebut beberapa wisatawan asal Surabaya kepada wartawan koran ini.

Diketahui, untuk keempat rute yang melayani penerbangan pulang pergi tersebut, Lion Air menyediakan 31 flight selama sepekan.(fgn)

Kirim Komentar