11 Okt 2017 09:16
Bulog: Daerah Segera Siapkan Permintaan

Kuota Rastra 3,5 Ton

MyPassion
DIPERCEPAT: Penyaluran Rastra ditargetkan selesai akhir tahun. Karenanya perlu adanya kerjasama dari pemerintah daerah agar memasukan surat permohonan alokasi agar segera bisa disalurkan.

MANADO –  Badan Usaha Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Sulut Gorontalo menyiapkan 3,5 ton Beras Rakyat Sejahtera (Rastra) untuk alokasi bulan Oktober.  Dari total kuota ini akan disalurkan ke 15 kabupaten/kota di Sulut. Namun, hingga kemarin, baru empat daerah yang memasukan permintaan alokasi Rastra. “Kita akan menggenjot penyaluran Rastra di daerah. Apalagi memasuki akhir tahun,” sebut Kepala Bulog Divre Sulut Gorontalo Eko Pranoto ketika diwawancarai kemarin (10/10).

Namun, menurutnya, penyaluran Rastra menjadi sedikit terhambat karena pemerintah daerah kabupaten/kotan yang tidak proaktif memasukan permintaan. “Baru empat daerah yang memasukan surah permintaan untuk bulan Oktober,” katanya. Padahal, ia melanjutkan, pihaknya akan menggenjot realisasi penyaluran Rastra agar bsia 100 persen sampai akhir tahun.

“Realisasi penyaluranya sampai saat ini baru 94 persen. Dikarenakan ada beberapa Kabupaten kota yang belum memasukan Surat Permintaan Alokasi (SPA),”  ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya akan mempercepat penyaluran Rastra ini sampai akhir tahun. “Sedangkan untuk harga, kita akan melakukan pemantauan dan menjaga stabilitasnya. Melalui kerjasama dengan pemerintah,” terang Pranoto.  “Karena dari beberapa lembaga sudah mengundang Bulog untuk melakukan pasar murah menjelang hari raya Natal,” pungkasnya.

Smentara, Kepala Bidang Komersil Munafir Syamsuddin menambakan, bawha untuk Pemerintah Daerah untuk segera menerbitkan SPA. “Supaya nanti pada saat hari raya keagamaan, harga kebutuhan pokok terutama beras, kita bisa tekan harganya,” harap Syamsuddin.  “Kenapa kami mempercepat penyaluran Rastra, agar supaya nanti harga yang diterima masyarakat penerima bisa stabil,” pungkasnya. (claudia/fgn)

Kirim Komentar