10 Okt 2017 12:45

Rondonuwu Beberkan Alasan Wilayah Amurang Jadi Tuan Rumah Pemilihan KPRS 2018

MyPassion
Moody Rondonuwu

MANADO –Ketua Komisi Pelayanan Remaja Sinode (KPRS) Pnt Ir Moody Rondonuwu menanggapi, hasil keputusan Sidang Majelis Sinode Tahunan (SMST)  yang menunjuk Wilayah Amurang I sebagai tuan rumah pemilihan , bukan Manado Teling.

 

Menurut Rondonuwu, setiap keputusan dalam rapat BIPRA, keputusan yang tertinggi ada di SMST, sesuai dengan Tata Gereja. “Sebab tidak hanya di remaja yang berubah tapi, hampir semua aras yang sudah benar-benar diputuskan, akhirnya di sidang majelis tetap saja berubah,” tegas Ka Moody sapaan akrabnya, Senin (9/10) kemarin.

Ia juga menyesalkan, kenapa hanya Wilayah Manado Teling yang keberatan seperti ini, kenapa yang lain tidak. “Saya sangat menyesalkan ini bisa terjadi. Apalagi ada oknum-oknum penatua yang memanfaatkan hal seperti ini sampai membawa ke Medsos. Hal ini tidak etis, semua ada wadahnya yang harus dibicarakan,” sesalnya.

Ia menjelaskan, keputusan mengenai tempat rapat pemilihan KPRS 2018 yang sebelumnya diputuskan dalam Konsultasi Remaja Tahunan itu hanya bersifat tidak konprensif. “Artinya tidak konprensif karena mereka mengabaikan notulensi yang diusulkan Wilayah Amurang 1. Itu bagian yang harus dimasukkan. Jadi KPRS harus bersikap adil usulan yang lain Wilayah Amurang 1 sudah mendahuluinya,” jelasnya.

Rondonuwu mengatakan, hasil keputusan rapat konsultasi tahunan di Wilayah XI  Bitung, dimana pada hari ke dua saat rapat seksi dan pleno penetapan lokasi pelaksanaan rapat pemilihan KPRS 2018 tidak mengakomodir usulan Wilayah Amurang 1, yang sehari sebelumnya telah diusulkan untuk dibahas dirapat seksi dan pada pleno, tetapi pada penetapan ternyata tidak ada lagi.

“Kenapa demikian.  Sedangkan justru Wilayah Manado Teling yang di hari pertama tidak mengusulkan justru muncul namanya dan ditetapkan sebagai calon tunggal. Ada apa ini. Padahal tidak ada pernyataan pengunduran diri sebagai calon tuan rumah. Ini kan aneh. Ketika saya konfirmasi kepada Ketua KPRW Amurang 1 dan Ketua Rayon Minsel tegaskan, bahwa mereka bersedia menjadi tuan rumah rapat pemilihan KPRS 2018 dengan bukti surat yang ditandatangani BPMW/KPRW Amurang 1 yang saat ini ada di KPRS,” jelasnya.

Lanjut, karena itu KPRS mengakomodir kerinduan Wilayah Amurang 1 bersama-sama dengan Wilayah Manado Teling  dimasukkan dalam draft hasil konsultasi KPRS 2017  untuk kemudian dibahas di SMST. “Dan ternyata keputusan SMST menetapkan Wilayah Amurang 1 sebagai lokasi rapat pemilihan KPRS 2018.  Tentu KPRS memberikan apresiasi kepada KPRW/BPMW Wilayah Teling yang juga sama-sama siap menjadi tuan rumah. Berarti perhatian dan kepeduliaan terhadap pelayanan remaja aras sinode itu sangat tinggi,” katanya.

Ia mempertanyakan, kenapa KPRS yang disalahkan dalam hal ini. Karena baginya dalam proses ini terjadi prematur. Artinya ada yang tidak sesuai. Seharusnya kita bicarakan dengan cara gerejawi. GMIM punya mekanisme dan hamba-hamba Tuhan harus selalu rendah hati.”Seharusnya berjuang untuk mempertahankan itu dari wilayah bukan KPRS. Jangan menyalahkan KPRS. Saya berharap sebagai pembina remaja harus menjadi teladan. Untuk mencontohi anak-anak remaja kita,” pintahnya.

Menanggapi masalah tersebut, Ketua BPMS GMIM Pdt Dr HWB Sumakul menjelaskan, keputusan tempat rapat pemilihan KPRS 2018 yang resmi dibuat di Wialayah Amurang 1. “Jadi keputusannya dibuat di Wilayah Amurang 1. Memang ini hanya mis komunikasi  semata dan ini masalah internal dari komisi-komisi remaja," ungkapnya.

“Dan kami atas nama BPMS memohon maaf yang sebesar-besarnya atas kekeliriuan yang terjadi. Dan kami mengapresiasi atas kesediaan dari Wilayah Manado Teling yang memang sudah siap untuk menyelenggarakan rapat pemilihan KPRS 2018,” sambungnya.

Ia pun membenarkan, mengenai keputusan yang dapat berubah karena sidang majelis itu paling tinggi. “Setiap rapat apa saja yang diputuskan tidak masalah jika bisa berubah di sidang majelis. Karena sidang majelis itu paling tertinggi sedangkan rapat konsultasi itu jauh di bawah,” pungkasnya. (ela/ite)     

Kirim Komentar