09 Okt 2017 13:49

Pers Mahasiswa Belajar Jurnalistik

MyPassion
BELAJAR: Pers Mahasiswa Acta Diurna belajar jurnalistik bersama Direktur Manado Post Marlon Sumarauw, John Senduk, dan Dr Melky Kumaat, Sabtu (7/10), pekan lalu. foto: Baladewa Setlight/MP

MANADO—Pers Mahasiswa Acta Diurna Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) Unsrat Manado menggelar pelatihan jurnalistik, Sabtu (7/10), pekan lalu di Water Gold Talawaan Minahasa Utara (Minut).

Acara ini menghadirkan tiga pembicara yang juga jebolan Jurusan Komunikasi Fispol Unsrat. Yakni Direktur Manado Post Marlon Sumaraw, dosen jurnalistik John Senduk, dan dosen komunikasi Dr Melky Kumaat.

Beberapa materi dasar terkait jurnalistik diangkat. Di antaranya mengenai profesi wartawan, yang dipaparkan Sumaraw. Alumni Fispol tahun 1999 ini juga memberikan resep untuk peserta yang kesulitan pada awal menulis berita. "Banyak yang memprediksi koran akan mati tergilas dengan media sosial. Namun kami pekerja media memprediksikan hal tersebut tak akan terjadi," ungkapnya.

Sementara Senduk membawakan materi tentang dasar-dasar jurnalistik dan menjelaskan penulisan berita harus berimbang dan netral. Kebenaran berita dan pertanggungjawaban menjadi faktor utama. "Untuk berbagai masalah seperti plagiat berita menjadi dosa pangkat dua. Karena pertama melanggar kode etik wartawan, kedua tidak bisa di pertanggungjawabkan," ujar Senduk.

Materi terakhir ditutup Kumaat. Menurutnya setiap proses pencarian berita harus dimatangkan terlebih dahulu dengan mengetahui bahan liputan harus dikuasai sang peliput. "Beberapa tahun ke depan, dengan progress yang dilakukan Pers Mahasiswa Acta Diurna akan membuat perusahaan media di Sulut dibanjiri jurnalis handal dan siap pakai," ungkapnya.(ctr-03/gel)

Komentar
Kirim Komentar