09 Okt 2017 10:03

Diundang ke Desa, Warga Jamu JS

MyPassion
MEMBAUR: Bupati James Sumendap keliling di Kecamatan Silian Raya dan Touluaan, untuk bertemu dengan masyarakat.

MITRA—Kecintaan masyarakat Minahasa Tenggara (Mitra) pada Bupati James Sumendap (JS), sangat terasa. Bupati yang dikenal merakyat ini, sangat sering turun ke desa-desa. Diapun tak jarang diundang masyarakat untuk nginap di desa. Masyarakat yang menjamunya. Pekan lalu, Sumendap turun ke dua kecamatan. Yakni Kecamatan Silian Raya dan Kecamatan Touluaan. Dua hari lamanya, Sumendap berbaur dengan masyarakat. Momen ini dipergunakan bupati untuk berdialog seputar program Pemkab dan meminta masukan dari masyarakat.

 

“Masyarakat desa kadang mengundang saya. Saya merasa sangat terhormat. Karena dengan berbagai persiapan, saya dijamu. Pemkab sangat berterimakasih,” tukasnya. Dari hal tersebut, kata Sumendap, Pemkab berkomitmen memperjuangkan aspirasi masyarakat. “Kita lakukan dialog, meminta masukan terkait program pemerintah. Kesempatan ini juga saya pakai untuk memantau sejauh mana program Pemkab menyentuh kehidupan masyarakat,” tukasnya.

Di samping itu, masyarakat diberi kesempatan ‘mengadu’ apa saja kekurangan pelayanan pemerintah. “Sekaligus memberikan informasi-informasi penting terkait program pemerintah yang dirasa kurang maksimal. Hal-hal kecil terekam lewat pantauan dan dialog langsung dengan warga," sambung Sumendap.

Dikatakan Sumendap, permasalahan, yang terjadi di desa baik kehidupan sosial kemasyarakatan, perekonomian warga, sentuhan pembangunan maupun perhatian pemerintah, pelayanan pendidikan kesehatan, dan program lainnya secepatnya dibahas dan ditindaklanjuti. "Sehingga masyarakat puas akan pembangunan serta kinerja pemerintah. Kekurangan yang ada akan menjadi bahan evaluasi," katanya.

Sumendap pun menjelaskan terkait mekanisme penyaluran insentif lansia, program BPJS, bantuan dana duka, beasiswa penyelesaian studi, serta penerimaan CPNS. Pada masyarakat Sumendap juga mengimbau anak muda untuk mandiri. Tidak terlalu bergantung pada penerimaan CPNS.

"Diharapkan orang tua untuk selalu memotivasi anak agar mau sekolah. Ke depan pemerintah akan membentuk kelompok-kelompok pemuda kreatif. Agar anak-anak tidak fokus menjadi PNS saja, namun bisa menjadi kreatif dengan memanfaatkan talenta. Namun harus rajin berdoa, beribadah, dan bersosialisasi," terangnya. 

Sumendap mengucapkan terima kasih  yang setinggi-tingginya kepada pemerintah. "Mulai dari pemerintah kecamatan, desa, aparat, BPD, tokoh masyarakat/agama dan masyarakat yang sudah bersama menunjang, mendukung, dan menerima kami dengan memberikan tumpangan bahkan makan dalam kunjungan kerja. Banyak harapan dan keinginan masyarakat akan ditindaklanjuti pemerintah mempunyai tanggung jawab besar dalam mensejahterakan masyarakat," tandasnya.(tr-04/gel)

Kirim Komentar