09 Okt 2017 14:04
Tambah 1 Km Jalan, Urai Kemacetan

Bangun Akses Paal 4-Ring Road

MyPassion

MANADO—Penambahan jalan baru di Kota Manado, sangat penting untuk mengurai kemacetan. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Peter Karl Bart Assa mengatakan,  2017 ini Manado akan ketambahan jalan baru sepanjang 1 kilometer (Km). ”Proyek pembangunan jalan baru ini akan dimulai Oktober. Dananya dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2017 sebanyak 8 miliar,” sebutnya. 

 

Dijelaskan Assa, penambahan jalan baru ini dari wilayah ring road tembus Paal 4. Sekarang dalam proses hibah pihak ketiga. “Jika sudah selesai, dalam waktu dekat akan dibangun,” kata Assa.

Menurutnya, penambahan jalan di Kota Manado sangat penting mengingat jumlah kendaraan bermotor setiap bulan terus mengalami peningkatan. ”Ruas jalan ini nantinya akan menjadi alternatif dari pusat kota menuju ring road. Begitu sebaliknya,” jelas Assa.

Assa mengungkapkan, setiap tahun pihaknya terus menganggarkan penambahan ruas jalan baru di Kota Manado. ”2018 kami mengusulkan anggaran 10-15 miliar untuk penambahan ruas jalan sekira 2 Km dari Malalayang,” ungkapnya.

Terpisah, Sekretaris Komisi A DPRD Kota Manado Hengky Kawalo meminta, pembangunan penambahan jalan dipacu. Mengingat tinggal dua bulan lagi tahun anggaran 2017 akan berakhir. ”Kami sangat mendukung penambahan jalan baru ini. Sebab penting jadi jalan alternatif untuk menghindari kemacetan di tengah Kota,” pungkasnya.(ite/gel)

Komentar
Kirim Komentar