07 Okt 2017 11:37

Kaling-RT Terima Tunjangan 729 Juta

MyPassion

SANGIHE—Sebanyak 265 Kepala Lingkungan (Kaling) dan Ketua RT menerima honorium (lihat grafis). Honorium triwulan tiga, diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME (JEG), di Aula Pendopo Rumah Jabatan Bupati, Kamis (5/10).


Bupati mengungkapkan, hal ini merupakan bagian dari sinergitas pemerintah. Di mana Kaling, Ketua RT, Lurah dan Camat adalah ujung tombak pelayanan yang mampu menjalani tugas dan tanggung jawab setiap saat.

 "Saya ingin suasana yang kondusif, aman dan nyaman itu tercipta di Kota Tahuna. Begitu juga tugas dan tanggung jawab yang lain, yaitu mengkomunikasikan dari masyarakat ke pemerintah kelurahan dan kecamatan," ungkap Gaghana.


Lanjut bupati pilihan rakyat, bertepatan karena ini merupakan insentif, harus diperuntukkan bagi yang bekerja. Peruntukannya harus nyata, harus saling mengontrol terhadap kondisi Kota Tahuna. "Saya mendengar ada Kaling dan Ketua RT di luar kota tapi menerima insentif. Ini sudah dikoordinasi dengan Lurah, jika ada Kaling dan Ketua RT yang tidak terima insentif berarti dia tidak ada di tempat," kata Bupati.

Gaghana juga menambahkan, jika ada berkat insentif Kaling dan Ketua RT akan naik. "Saya belum koordinasikan dengan pak assisten I, apakah kalau ada berkat insentif ini bisa dinaikkan. Nanti akan dilihat sejauh mana beban kerja dari bapak/ibu sekalian. Tentu jika banyak berkat harus saling berbagi," tambah JEG.


Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Ashari Mandiri menambahkan, besaran tunjangan Kaling Rp 1 juta per bulan dan untuk Ketua RT Rp 750 per bulan. "Jadi Kaling menerima Rp 3 juta per triwulan. Sedangkan Ketua RT Rp 2.250.000 per triwulan. Jadi total keselurahan tunjangan Kaling dan RT Rp 729,7 juta,” ujarnya.

Mandiri juga menjelaskan, untuk penyaluran triwulan ketiga ini, Bagian Pemerintahan Setda Sangihe sudah menggunakan dasar rekomendasi lurah sebagai bentuk pengendalian kinerja Kaling dan Ketua RT oleh lurah."Yang dinilai tidak aktif, lurah berhak untuk tidak memberikan rekomendasi dan honoriumnya tidak akan dibayar. Namun untuk triwulan tiga ini, semuanya mendapat rekom dari lurah dan menerima honor," tutupnya. (tr-08/ite)

Kirim Komentar