02 Okt 2017 13:35

2 Miliar Pajak Kendaraan Menunggak

MyPassion

KOTAMOBAGU - Sebanyak 9.020 kendaraan di Kotamobagu belum membayar pajak. Berdasarkan data yang didapat, sejak tahun 2016 hingga bulan Juli 2017 total kendaraan roda dua sebanyak 4.755 unit dengan total tunggakan senilai Rp 814 juta. Sementara untuk kendaraan roda empat ke atas sebanyak 861 unit dengan total tunggakan senilai Rp 1,2 miliar. Sehingga total tunggakan sejak 2016 lebih dari 2 miliar.

Menurut Kepala Samsat Kotamobagu melalui Kepala Seksi Pelayanan Sengketa PAD, Oldy J Slat, dari total tersebut, sudah termasuk kendaraan pribadi milik sejumlah PNS dan keluarganya. "Kami turun langsung ke rumah para penunggak pajak kendaraan, untuk memberikan surat kesadaran bayar pajak. Tapi, entah kenapa tetap tak ada yang datang merespon," beber Oldy.

Lanjutnya, selain turun ke rumah para penunggak, pihaknya juga meminta kerja sama dengan lurah dan pemdes se tempat. "Kami sudah minta lurah dan sangadi, agar meminta warga penunggak pajak segera membayar ke Samsat. Apalagi yang sudah tiga tahun menunggak. Selain itu, ada juga kerja sama dengan pemkot, terutama kendaraan pribadi PNS, " ujar Oldy.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Bolmong AKP Arke Parasang menuturkan, pihaknya bersama instansi terkait akan menggelar giat operasi di sejumlah wiliayah di Kotamobagu. Namun, untuk sanksi, akan dikoordinasikan dengan instansi tersebut. "Apakah akan langsung ditilang pelanggaran pajak atau langsung diarahkan untuk bayar pajak," tandas Arke. (yan/fgn)

Kirim Komentar