30 Sep 2017 11:51

Rugi 24 M, Perda Reribusi Akan Direvisi

MyPassion
Edwin Roring

SANGIHE— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sangihe akan merevisi Peraturan Daerah (Perda) 8/2002 tentang, retribusi pengendalian hasil bumi pala, cengkih, koprah dan kakau.  Hal ini dibenarkan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sangihe Edwin Roring SE ME.

Menurutnya, Perda 8/2002 sempat diberhentikan pada tahun 2008 lalu. Dirinya mencontohkan revisi Perda tentang pengendalian hasil bumi seperti jasa sewa gudang bagi pengusaha. "Perda tersebut akan direvisi kembali, karena yang namanya retribusi berarti pemerintah memberikan jasa kepada wajib pajak untuk bayar retribusi. Misalnya kalau komoditi itu ada sewa gudang yang di fasilitasi pemerintah itu kena retribusi,” tutur Roring.

Sekkab juga enggan untuk mengatakan, soal adanya oknum yang tidak setuju dan sengaja bermain dibalik layar untuk mementahkan Perda tersebut.“Kalau soal itu saya tidak bisa menjawabnya, karena saya bukan sebagai yang berkompeten untuk mengatakan maupun menjelaskannya,” tegasnya.

Diketahui Pemkab Sangihe mengalami kerugian kurang lebih Rp 24 miliar pasca pemberhentian sementara Perda 8/2002 tesebut. (ctr-17/ite)

Komentar
Kirim Komentar