29 Sep 2017 16:02

Tiga Paket Proyek DAK Digenjot

MyPassion
Adnan Massinae

KOTAMOBAGU – Sebanyak 18 paket proyek menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) khususnya di bidang bina marga digenjot penyelesaiannya. Pasalnya, triwulan ketiga akan segera selesai dan akan masuk triwulan keempat. Pagu DAK fisik untuk Kota Kotamobagu sendiri sebesar Rp 87,7 miliar.

Untuk deadline, ditargetkan selesai Oktober. Menurut Kabid Bina Marga Claudy Mokodongan, dari total 18 paket yang ada dibidangnya, tiga paket bersumber dari DAK dan sisanya dari DAU. “Rata-rata sudah 80 persen. Perhitungannya untuk seluruh paket kegiatan,” tutur Claudy, Kamis (28/9) kemarin.

Meski begitu, ia melanjutkan, sudah ada kegiatan yang mencapai 100 persen. “Salah satunya proyek jalan pangan Desa Poyowa Besar Kecamatan Kotamobagu Selatan. Jika dilihat secara visual, untuk Desa Kobo Besar dan jalan Siliwangi sudah 100 persen. Tetapi, masih sementara dilakukan pemeriksaan lab,” ujarnya.

Lanjutnya, paket pekerjaan fisik yang dikelola pihaknya, yakni peningkatan jalan, rehabilitasi jalan dan pembangunan jalan sedang dikebut. “Kontraknya sampai Oktober. Sehingga itu, diharapkan agar para pelaksana kegiatan dapat memacu pekerjaan jangan sampai lewat kontrak,” ungkapnya. Kalau bisa, ia menambahkan, agar menambah orang kerja, supaya kegiatannya bisa secepatnya selesai. “Tapi, juga kualitas pekerjaan harus dijaga dan diutamakan,” terangnya.

Sebelumnya, Sekertaris Kota (Sekkot) Kotamobagu Adnan Massinae meminta, agar seluruh proyek kegiatan fisik pada tahun ini diselesaikan tepat waktu. “Semua harus dikerjakan sesuai kontrak. Tetapi, bukan berarti mengejar waktu kemudian kualitas pekerjaan tidak diperhatikan. Harus sesuai kontrak, terutama volumenya fisik pekerjaan,” tandasnya. (yan/fgn)

Komentar
Kirim Komentar