26 Sep 2017 09:51
Unsrat-Kemeko Maritim Kembangkan Penelitian

Wujudkan Poros Maritim Berbasis Sumber Daya

MyPassion
Ellen Kumaat

MANADO — Pengelolaan sumber daya Taman Laut Nasional Bunaken mendapat perhatian serius Unsrat dan pemerintah pusat. Hal tersebut membuat Rektor Prof Dr Ellen Kumaat MSc, yang bekerja sama dengan Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman, akan terus mengembangkan penelitian di wilayah tersebut.

 

Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Agung Kuswandono menjelaskan, sumber daya di Bunaken bisa mendukung perkembangan poros maritim. “Dengan mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, berbasis sumber daya alam yang berkelanjutan dengan infrastruktur yang maju dan terpadu,” singkatnya.

Sementara itu, Prof Ellen Kumaat menambahkan, Unsrat melalui Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, telah melakukan berbagai penelitian di wilayah kepulauan Bunaken dan sekitarnya. “Berbagai penelitian sudah dilakukan sendiri maupun menggaet kerja sama dengan universitas dan lembaga penelitian dalam dan luar negeri,” ungkap jebolan Institut National des Sciences Appliquees de Toulouse Prancis.

Katanya, fokus penelitian lebih banyak pada keanekaragaman hayati dan penyediaan bahan baku farmakologi (ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan obat-obatan. Penelitian mengenai penyakit-penyakit dan penyembuhan). “Kami berharap, dengan hasil penelitian yang ada, bisa menunjukkan kekayaan wilayah Taman Nasional Bunaken yang bisa menjadi masa depan ilmu pengetahuan perikanan dan kelautan,” tutup Prof Ellen.(gnr)

Komentar
Kirim Komentar