25 Sep 2017 13:10

Enam Desa Terendam Banjir

MyPassion
BUTUH BANTUAN: Warga harus mengungsi setelah kediaman mereka diterjang banjir sekira 1-1,5 meter. Foto: Neneng Utami/MP

BOLMUT—Sebanyak enam desa di Kecamatan Pinogaluman terendam banjir Jumat (22/9) lalu. Di antaranya, Tontulow, Tontulow Utara, Batu Bantayo, Padango, Kayuogu, dan Busato. Terparah diderita warga Desa Batu Bantayo dan Desa Tuntulow, karena desa tersebut berdekatan dengan sungai yang meluap setelah hujan deras. 

Ditemui di lokasi banjir, Kepala Desa Batu Bantayo Tahir Lakoro mengatakan, sebanyak 71 rumah terkena banjir setinggi 1,5 meter. Menurutnya, air naik sekira jam 4 subuh. “Posisi desa kami juga memang rawan banjir setiap tahun. Wakil Bupati Suriansyah Korompot juga sudah datang ke sini tadi pagi. Kemudian BPBD juga sedang melakukan pendataan untuk menyalurkan bantuan bagi warga yang terkena banjir," jelasnya, kemarin.

Sementara itu, Kepala Desa Tuntulow Sakur Papeyo menerangkan, ada 173 rumah di desa ini. Dan hampir keseluruhan yang terendam banjir. “Tinggi air yang masuk sekira satu meter. Sejak jam 5 subuh, air meluap dari sungai. Kami juga hampir setiap tahun mengalami banjir," ungkapnya.

Sakur menambahkan, kerugian yang dialami warga mencapai ratusan juta rupiah. Terdiri dari rusaknya sekira 20 ribu batu bata milik pengrajin, lima hectare jagung rusak, dan keringnya kopra milik petani. “Antisipasi berupa pembuatan drainase sudah dilakukan. Tapi tidak bisa mencegah banjir. Kami mohon tindakan serius dari Balai Sungai Sulawesi Utara,” harapnya. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmut Musliman Datukramat mengatakan, pihaknya sedang melakukan pendataan untuk penanganan lanjutan.(ctr-53/har)

Kirim Komentar