25 Sep 2017 13:09
Benahi Jalan Desa dan Perkebunan

36 M Pacu Infrastruktur Strategis

MyPassion

BOLTIM—Sejumlah program infrastruktur strategis dipacu Pemkab Boltim. Terlihat lewat sederet program yang ada dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2017. 

Diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sahrul Abdul Muis, dalam daftar itu sektor infrastruktur jalan desa hingga perkebunan kian dimantapkan pada tahun ini. Pekerjaan sebelas paket proyek jalan berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tambahan dan Dana Alokasi Umum (DAU). “Total anggarannya 36 miliar rupiah. Tinggal menunggu APBD-P 2017 running dalam waktu dekat ini,” sebut Muis.

Diterangkan Muis, pekerjaan fisik yang dibiayai lewat DAK tambahan berjumlah lima paket. Sedangkan proyek yang berasal dari DAU berjumlah enam paket. “Ada anggaran dari pemerintah pusat yang turun. Dan ini cukup berdampak pada pelaksanaan program," tambahnya.

Dirinya menambahkan, meski ada anggaran pemerintah pusat yang turun, namun pembangunan program dari Dinas PUPR sebenarnya membutuhkan anggaran lebih banyak. “Masih banyak yang kami butuhkan dan sudah berdasarkan kajian. Sebagian proyek terpaksa digeser pada 2018 karena anggaran belum mencukupi," tandasnya.

Menurut Muis, jika APBD-P sudah jalan, tentu segera proses lelang. “Supaya bisa selesai tepat waktu,” terangnya. Semua perencanaan dari Dinas PUPR, lanjutnya, sudah ditata dan dituangkan dalam proyek pekerjaan fisik.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Haris Sumanta mengungkapkan, sejumlah program yang sudah tertata sudah masuk. Dan siap dilelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP). “Sebelas berkas paket proyek khusus jalan, rencananya dikerjakan pada perubahan anggaran tahun ini," ujar Sumanta, yang juga dipercayakan sebagai Kepala ULP.(ctr-03/can)

Komentar
Kirim Komentar