23 Sep 2017 10:09

Jago Merah Lalap Tiga Rumah

MyPassion
MUSIBAH: Tiga unit rumah habis terbakar di Lendongan I Kampung Petta Timur. Foto: Sriwani Adolong/MP

SANGIHE—Si jago merah kembali beraksi Kamis (21/9). Kali ini melalap tiga rumah permanen (lihat grafis) di Lendongan I Kampung Petta Timur, Kecamatan Tabukan Utara (Tabut). Pemilik Rumah Jonathan Dolongtelide (56) mengungkapkan, kronologis kejadian terjadi sekira Pukul 23.30 Wita.

Waktu itu, dia bersama istrinya Johana Dalawir (52) sedang tidur di kamar. Tiba - tiba mencium bau asap. Diapun langsung mengecek sumber asap tersebut dan mendapati bagian dapur rumah sudah dalam keadaan terbakar.  "Saya langsung membangunkan istri yang sedang tidur dan langsung lari keluar rumah untuk menyelamatkan diri sambil berteriak meminta tolong pada warga sekitar," ceritanya.

Peristiwa ini dibenarkan Kapolres Sangihe AKBP I Dewa Made Andyana SIK SH MH melalui Paur Humas Polres Nuryani. Menurutnya, setelah mendapat laporan masyarakat personel Polsek Tabut langsung menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP), berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sangihe dan Bandara Naha, untuk penggunaan mobil pemadam kebakaran (damkar).

"Pukul 01.00 Wita api dapat dipadamkan setelah 1 unit mobil Damkar dari BPBD Sangihe dan 1 unit mobil Damkar milik Bandara Naha memadamkan api, dibantu Polres Sangihe serta masyarakat sekitar tempat kejadian," tuturnya

Dijelaskannya, kebakaran terjadi disalah satu rumah warga yang merupakan agen penyalur minyak tanah di Lendongan I, Kampung Petta Timur. “Terdapat empat drum minyak tanah yang rencananya akan disalurkan kepada warga pada Jumat (22/9) kemarin, dan 10 botol Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium yang dikemas dalam botol Coca -cola ukuran 1 liter terbakar,” katanya.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun dua unit rumah lainnya ikut terbakar karena jarak rumah berdekatan. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah," tambah Nuryani.

Sementara itu, Waka Polres Sangihe Kompol H O Bingku ketika mengunjungi lokasi TKP mengimbau, masyarakat yang ada disekitar lokasi kejadian untuk tetap waspada. "Ketika hendak meninggalkan rumah ataupun sebelum tidur, cek semua peralatan listrik.  Juga selesai memasak  pastikan api sudah mati dan benar-benar aman agar kejadian kebakaran tidak terulang lagi," tutup Bingku. (ctr-17/ite)

Kirim Komentar