22 Sep 2017 14:14

Penerima Rastra Belum Dapat Info Penyaluran

MyPassion

BOLMONG--Penyaluran bantuan beras sejahtera (rastra) triwulan III, telah disalurkan. Namun, hingga kini sebagian besar masyarakat miskin belum menerima kabar tersebut. Mawardi Mahmud, warga Poigar, mengaku dirinya belum dipanggil aparat desa untuk mengambil jatah rastra miliknya. "Ini sudah kesekian kali. Bahkan beberapa kali saat kami tahu selang beberapa lama, jatah kami sudah tidak ada," terang dia.

Lain lagi dengan Parman, warga Dumoga. Dia bahkan tak lagi dimasukkan ke dalam daftar penerima rastra padahal dirinya merasa masih layak menerima. "Saya bukan orang kaya. Bahkan tidak ada peningkatan ekonomi malah tidak menerima lagi tahun ini, malah justru mereka yang sebenarnya tidak layak tapi justru menerima," keluh dia.

Menanggapi hal itu, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Fadli Mokodongan mewarning aparat desa hingga kecamatan. Katanya, bupati, wakil bupati dan sekkab bakal menindak aparat yang nakal. "Kami harap disalurkan dengan benar. Kalau ada kendala diharapkan langsung melapor," imbau dia.

Dijelaskan, ada 17,027 keluarga miskin yang terdaftar sebagai penerima rastra. Per kilogram rastra Rp.1.600. "Alokasi beras yang telah disalurkan untuk triwulan lll ini sebanyak 76.621.500 kilogram. Setiap keluarga penerima hanya boleh mendapat 15 kilogram per bulan," tutur dia.

Dia menambahkan, kualitas beras yang disalurkan kepada penerima cukup baik. Meskipun ada sejumlah temuan. Namun, semua temuan telah ditindaklanjuti ke bulog.

"Ini wajib diperhatikan agar tidak lagi ada kasus seperti sebelumnya yang pernah terjadi. Namun sampai saat ini penyaluran tidak ada kendala, semua telah tersalur dengan baik dan kualitas beranya juga baik. Dan telah disalurkan di 15 kecamatan yang ada di Bolmong," pungkasnya.(cw-04/gnr)

Komentar
Kirim Komentar