22 Sep 2017 09:30

Angelina Jolie Jadi Sutradara Film Perang Kamboja

MyPassion
Angelina Jolie

TAK hanya jago berakting, artis Hollywood Angelina Jolie pun menjajal peran sutradara. Ini bukan pertama kali dia berada di belakang layar. Namun film berjudul ‘First They Killed My Father’ ini dibuat di masa-masa sulut ketika dia dan suaminya, Brad Pitt bercerai.

Film ini bercerita tentang Kamboja mengenai pada masa kekuasaan Khmer Merah pada 1970-an. Jolie duduk sebagai sutradara dan ikut menulis naskah. Ceritanya diambil dari sudut pandang Loung Ung (diperankan pendatang baru Sreymoch Sareum).

Film tersebut diangkat dari kisah nyata seorang aktivis kemanusiaan, Loung On. Loung On adalah saksi hidup rezim kekejaman rezim  Khmer Merah di Kamboja. Loung Ung masih berusia lima tahun saat  rezim komunis Khmer Merah menguasai Phnom Penh pada 1975. Dia menyaksikan kebrutalan tentara Khmer Merah  mengeksekusi penduduk Kamboja yang memiliki ikatan dengan rezim lama. Hidup  Loung bersama orang tua dan saudara kandungnya itu pun seperti berada di neraka.

Buku memoar Loung berjudul serupa, yang terbit pada 2000, menjadi dasar film Jolie. Dengan keputusan yang berani, Jolie membiarkan penonton melihat fakta-fakta hanya berdasarkan sudut pandang Loung. Efeknya menghancurkan. Dikisahkan, ayah Loung (Kompheak Phoeung) - mantan anggota polisi militer di pemerintah yang didukung AS - dikejar untuk dibunuh. Sementara Loung dan anggota keluarga lainnya dipisahkan dan dipaksa untuk bertahan hidup dalam kondisi  kelaparan.

Pada masa itu diperkirakan sekitar dua juta orang  atau sekitar seperempat dari seluruh populasi penduduk Kamboja tewas. Sebagian besar tewas dibunuh rezim Khmer Merah, menderita kelaparan dan kelelahan setelah mengalami kerja paksa.

Angelina Jolie juga memberikan tontonan ketika Loung  dilatih sebagai tentara dengan  sangat mengerikan. Loung misalnya diinstruksikan untuk menanam ranjau darat.

First They Killed My Father juga melibatkan anak angkatnya Angelina Jollie, Maddox. Maddox yang kini berusia 16 tahun lahir di Kamboja dan menjabat sebagai produser eksekutif di film yang hanya ditayangkan di Netflix ini.(tpc)

Kirim Komentar