20 Sep 2017 12:59
Kualitas Pekerjaan Dipertanyakan

Lampu Solar Cell Disorot

MyPassion

BOLTIM—Pengadaan penerangan jalan sumber tenaga surya atau solar cell di sejumlah desa disorot. Warga mempertanyakan kualitas pemasangan solar cell yang menggunakan pihak ketiga itu. Hal ini diungkapkan tokoh masyarakat Boltim, Ismail Mokodompit.

 

Menurutnya, masyarakat harus ikut mengawasi, karena sumber pendanaan solar cell itu yaitu dana desa (dandes). “Ada indikasi pembuatan asal-asalan untuk itu harus diawasi pekerjaan dan kualitasnya. Jangan sampai kualitasnya tidak baik, malah dibayar dengan harga mahal," tegasnya.

Dia juga meminta, instansi terkait pengawasan harus jeli melihat program yang berjalan di setiap desa. "Peran pendamping baik dari instansi pemkab dan pendamping profesional harus diperkuat. Jangan pengawasan dan pendamping ikut terlibat," tegas Mokodompit.

Sementara itu, Koordinator Kabupaten Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Radius Mokoginta mengatakan, tidak semua desa memasang solar cell. “Ada juga sangadi yang menolak pemasangan solar cell,” katanya.

Dirinya mengatakan, kewenangan itu memang sepenuhnya ada di kepala desa untuk menentukan apakah solar cell dibutuhkan atau tidak. "Sebagian desa di Boltim sudah dialiri listrik. Mungkin desa seperti Jiko Belanga yang butuh pasang solar sell," ungkapnya.

Dirinya menambahkan, tenaga pendamping yang ada di Boltim berusaha mengingatkan kepala desa agar jangan melakukan program yang tidak dibutuhkan. Menurutnya, ada laporan dari pendamping yang memprotes pemasangan lampu jalan. "Jika memang dipasang, harus diperhatikan kualitas dan harganya. Jangan sampai terjadi, kualitas sama malah harga berbeda. Itu bisa saja jadi temuan," ungkapnya.

Dirinya mengungkapkan, ada laporan dari pendamping yang mengatakan kepala desa menolak pemasangan lampu yang terlanjur dipasang pihak ketiga. "Yang akan bertanggungjawab adalah kepala desa. Ada laporan, kepala desa menolak solar cell yang sudah terpasang. Saya kurang tahu permasalahannya," katanya. (ctr-03/can)

Komentar
Kirim Komentar