19 Sep 2017 13:29

Diduga Asal Bangun, TPI Ambruk

MyPassion
PROYEK AMBURADUL: Diduga dikerjakan asal-asalan sehingga kualitas banggunan tidak baik. Kondisi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Buko, Kecamatan Pinogalum, yang tidak bisa dimanfaatkan masyarakat. Foto: Neneng/MP

BOLMUT—Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Desa Buko, Kecamatan Pinogalum, tidak bisa dimanfaatkan masyarakat. Pasalnya, bangunan TPI itu ambruk parah pada bagian atap.

Menurut Aldrin Kantohe, salah satu nelayan di Kecamatan Pinogalauman, diduga karena konstruksi bangunan tidak sesuai sehingga cepat ambruk. "Padahal usianya bisa dikatakan baru memasuki enam tahun pasca dibangun,” jelasnya.

Menurutnya, ambruknya bangunan tersebut membawa kerugian besar bagi pemerintah dan masyarakat. “Sayang pembangunan TPI ini banyak menggunakan anggaran pemerintah. Namun pemanfaatannya tidak sesuai harapan,” ungkapnya.

Junaidi Harundja, salah satu pemerhati ikut mengkritik pembangunan TPI tersebut. Menurnya jika ambruk berarti anggaran yang dikeluarkan untuk pembangunan sia-sia. “Karena masyarakat tidak bisa merasakan manfaatnya sekarang,” katanya.

Dia juga menduga pembangunan TPI itu tidak sesuai perencanaan. “Untuk itu kami berharap proyeknya dan kontraktornya kembali diperiksa. Dan diusut jika ditemukan kerugian negara,” katanya.

Sayangnya Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Bolmut belum bisa dikonfirmasi. Salah satu stafnya yang berhasil ditemui mengatakan, baru mengetahui hal tersebut. "Untuk itu kami akan langsung mengeceknya di lapangan dan hasilnya akan segera kita laporkan kepada pimpinan,” jelasnya. (ctr-53/can)

Kirim Komentar