14 Sep 2017 11:26

iPhone X Jadi Kejutan

MyPassion
Wujud dari iPhone X yang baru diperkenalkan pada Selasa (12/9) di California, Amerika Serikat (Apple.com)

MANADO—Steve Jobs Theater, Apple Park Campus, Cupertino, AS, Selasa (12/9) waktu setempat atau Rabu (13/9) dinihari waktu Indonesia, jadi saksi pengumuman produk terbaru Apple. Di antaranya Apple Watch series 3, Apple TV 4K, iPhone 8 dan 8 plus, dan paling teranyar dan cukup mengejutkan adalah iPhone X (ten). Produk terakhir ini yang paling menyedot perhatian pecinta smartphone.

 

Kemunculan iPhone X juga menandakan peringatan satu dekade smartphone berlambang buah apel ini. Para pecinta Apple langsung ramai membicarakan iPhone X yang diprediksi baru akan muncul di Tanah Air pada November mendatang. Harganya pun cukup fantastis, di atas Rp 20 juta. Review mengenai gadget ini bermunculan. Bahkan disebut-sebut, kemunculan iPhone X ini bisa ‘menggagalkan’ penjualan iPhone 8 dan 8 plus. Dari beberapa review disebutkan, para pengguna iPhone 7 dan 7 plus tak perlu meng-upgrade ke iPhone 8 dan 8 plus. Karena dari segi kemampuan, kedua produk ini hampir sama. Hanya ada beberapa fitur dan tampilan yang berbeda. Jika iPhone 7 dan 7 plus terlihat doff, iPhone 8 dan 8 plus berbahan material kaca seperti iPhone 4 dan 4s yang membuat iPhone 8 terlihat lebih wah. Kemudian terkait fitur, portrait lighting memberi keunggulan tersendiri iPhone 8 dan 8 plus.

Nah, fitur menawan ditawarkan iPhone X. Apa saja? Banyak. Di antaranya yang paling terbaru super high resolution screen. Jika iPhone generasi sebelumnya punya home button, iPhone X nyaris full screen. Bagian yang tidak tertutup layar hanya kamera depan dan titik-titik yang tertanam sensor. Kemudian, teknologi finger print diganti dengan FaceID. Hal tersebut terjadi berkat 'neural engine' yang tertanam dalam prosesor, yang dapat mencegah FaceID tertipu dari kecurangan. Misalnya, orang lain yang menggunakan topeng. Selanjutnya ada 'Animoji' (Animated Emoji). iPhone X memiliki kemampuan membuat emoji bergerak yang dapat digabungkan dengan ekspresi muka pengguna. Wireless inductive charging juga jadi fitur terbaru. iPhone X dibekali otak A11 Bionic, yang merupakan chip terbaru dari Apple. Chip ini juga tertanam di iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Dengan chip tersebut, Apple menjamin prosesornya bekerja lebih ngebut, pengguna dijanjikan bisa merasakan sensasi gaming lebih seru, hingga pengalaman augmented reality yang lebih baik.

Kemunculan tiga smartphone Apple itu langsung mencuri perhatian para penggemar gadget, khususnya gadget dari perusahaan rintisan Steve Jobs ini. Euforia kemunculan iPhone 8, 8 plus, dan iPhone X ini terasa  hingga di Manado. Sejumlah pengguna iPhone ketika diwawancarai mengaku sedang menunggu kehadiran tiga varian iPhone terbaru muncul di Manado.

Rivelino Pangkey yang ditemui di Mantos kemarin mengatakan, ia memilih menggunakan iPhone karena keamanannya terjamin. “Ponsel ini aman digunakan, data dan akunnya terjamin,” katanya. Ia pun mengaku tak sabar menunggu tiga seri baru dari iPhone ini.  “Tak sabar menunggu. Jika sudah hadir, mungkin akan mencobanya,” pungkasnya.

Sama halnya dengan Angel Bangkang. Karyawan salah satu bank di Manado ini mengaku sedang menunggu kehadiran iPhone 8, 8 plus, dan iPhone X. “Sudah lihat di internet. Fiturnya bagus. Apalagi iPhone X,” ujar Angel. Ia pun berani menabung untuk mendapatkan gadget teranyar tersebut. “Dulunya kan most wanted  itu iPhone 8. Namun, begitu diluncurkan bersamaan dengan iPhone X, tiba-tiba iPhone 8 langsung jadi kuno dan ketinggalan,” pungkasnya.

Sementara, terkait kehadiran iPhone 8, 8 plus, dan iPhone X di Manado, Store Head iBox di Mantos, Andhika Wiguna belum bisa memastikan waktunya. Namun jika menengok jeda antara launching iPhone 7 hingga dipasarkan secara resmi di Indonesia, termasuk Manado, Wiguna menyebutkan sekira empat sampai enam bulan. “Kemungkinan tahun depan hadir di Manado. Biasanya empat sampai enam bulan. Misalnya saat iPhone 7 diumumkan September 2016, sekira Februari tahun ini baru masuk Manado,”  katanya.

Meski iPhone X banyak memberi tawaran menarik, namun para penggila produk Apple ini menyatakan soal harga iPhone X yang terlalu tinggi, cukup menyurutkan hasrat mereka untuk memiliki produk ini. Apple membanderol iPhone X sebesar US$999. Harga ini belum masuk Indonesia yang bisa di-up sampai Rp 5-8 juta.

Putu Aditya Nugraha salah satu pembuat konten yang gemar menggunakan produk Apple dalam akunnya @commaditya, mengeluhkan soal harga iPhone yang dinilai terlalu tinggi.  "Sebenarnya untuk content creator seperti saya, fitur kamera dan video yang diusung iPhone 8 dan X adalah sebuah upgrade (peningkatan) yang cocok. Tapi dengan banderol harganya, saya pikir lebih baik invest di kamera atau Macbook Pro." (fgn/gel)

Kirim Komentar