14 Sep 2017 12:53

Waspada Cuaca Buruk

MyPassion

BOLSEL –Kabupaten Bolsel masuk darurat bencana. Karena itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Yamin Ismail, melalui Sekretaris BPBD Suardi Paputungan, Rabu (13/9), kemarin, mengimbau masyarakat mewaspadai cuaca buruk yang setiap saat dapat mengacam.

“Warga diminta untuk tetap waspada dalam beraktivitas di luar rumah. Karena siklus tahunan Kabupaten Bolsel memang cuaca ekstrem sampai bulan Agustus. Tetapi sekarang sepertinya cuaca buruk bergeser hingga akhir tahun," ujarnya.

Dia mengungkapkan, curah hujan yang masih tinggi membuat beberapa titik masih terendam air dan longsor. Sampai saat ini tim BPBD dan relawan masih standby di lokasi-lokasi rawan banjir dan longsor.”Alhamdulillah banjir di rumah-rumah warga sudah surut. Longsorpun hanya di jalan-jalan saja. Tapi kami tetap waspada mengingat jika ada banjir susulan kami sudah siap," ucapnya.

Terpisah, Kasubid Tanggap Darurat Nurdin Patadjenu juga mengimbau, supaya masyarakat yang berprofesi nelayan untuk tidak melaut saat cuaca buruk. "Cuaca sampai saat ini belum bersahabat, ombak bisa mencapai dua meter. Jadi kami sarankan agar jangan melaut dulu," sarannya.

Nurdin juga meminta masyarakat yang tinggal di pegunungan dan dekat bantaran sungai untuk waspada terhadap ancaman longsor dan banjir. "Setiap saat jika curah hujan tinggi, bisa terjadi longsor dan air sungai bisa meluap. Itu sebabnya, warga jangan lengah. Tetap siaga dan waspada," harapnya. (tr-04/ite)

Berita Terkait
Komentar
Kirim Komentar