14 Sep 2017 12:43

Awasi Dandes, Bentuk Tim Inovasi

MyPassion
James Sumendap

MITRA—Pemerintah Kabupaten Mitra mulai menyosialisasikan program inovasi desa. Sekaligus melakukan tim pembentukan inovasi (pendamping desa), Selasa (11/9).

Kegiatan yang difasilitasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ini dilaksanakan di Villa Lamet dan dibuka langsung Bupati Mitra James Sumendap. Bupati berharap 60 peserta yang mewakili 12 kecamatan di Mitra bisa benar-benar bekerja dengan baik nantinya. "Tim yang telah dikukuhkan harus mencintai Kabupaten Mitra. Agar nanti dalam melaksanakan tugasnya bisa bekerja dengan maksimal," terangnya.

Sumendap pun meminta para pendamping desa memeriksa pengelolaan dana desa (dandes). Diharapkan nanti, tim Inovasi ini, juga bisa mengawasi secara langsung penggunaan dandes. “Jika ada hukum tua yang coba-coba menyalahgunakan dandes, tim inovasi akan bertindak. Karena tim ini mempunyai kewajiban mengawasi semua proses penggunaan dandes. Sehingga ke depan nantinya pengelolaan anggaran desa sesuai peruntukan,” pintahnya.

Sumendap juga akan memberikan fasilitas berupa kendaraan operasional bagi tim inovasi desa. “Mungkin nantinya tim ini akan dilengkapi dengan kendaraan operasional. Tim yang ada di desa disediakan motor. Kalau tim di kecamatan dilengkapi mobil agar bisa memperlancar tugas di lapangan” tutupnya.

Sementara itu,  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Joutje Wawointana mengatakan setelah dibentuk, tim inovasi tinggal menunggu SK Bupati. "SK tersebut yang akan kami kirim ke Kementerian Desa. Kemudian dari kementerian akan memberikan petunjuk teknis mengenai tugas pokok, fungsi tim, sekaligus anggaran operasional," ujarnya.(ctr-22/gel)

Komentar
Kirim Komentar