14 Sep 2017 12:07
Bantuan Bencana dan Relokasi

1.045 Rumah Gratis Siap Bangun

MyPassion

MANADO—Pemerintah Kota Manado tengah mempersiapkan pembangunan 1.045 rumah gratis. Tahun ini, ribuan rumah tahap dua ini dipastikan mulai action. Tahun 2018 tuntas. Kepala BPBD Maxmilian Julius Tatahede SSos mengatakan, ribuan rumah itu dibangun untuk korban bencana dan relokasi bagi masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai.”Sebelumnya tahap pertama kami telah membangun 1.000 rumah relokasi di Pandu. Tahap kedua kami akan membangun 1.045 rumah,” katanya.

Dijelaskan Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Budi Yasin rumah tersebut tetap berada di Pandu. ”Sekarang sedang tahap perencanaan. Sekitar pertengahan Oktober pembangunan fisik akan dimulai. Kami berharap proses perencanan cepat selesai termasuk ketersediaan lahan untuk pembangunan 1.045 rumah,” kata Yasin.

Lanjutnya, anggaran pembangunan 1.045 unit rumah ini sudah masuk di kas daerah sebesar Rp 41,8 miliar. Rinciannya, satu rumah biayanya Rp 40 juta dengan ukuran rumah tipe 36. ”Kami targetkan Juli 2018 tuntas,” katanya.

Dia mengungkapkan, anggaran pembangunan 1.045 rumah tersebut merupakan hibah dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia. ”Nanti yang membangun itu Pemerintah Kota Manado melalui BPBD. Sedangkan pemerintah provinsi menyediakan lokasinya,” beber Yasin.(ite)

Komentar
Kirim Komentar