13 Sep 2017 09:49
Didominasi Wisatawan Mancanegara

Sebulan 7.783 Penumpang Internasional Sambangi Sulut

MyPassion

MANADO – Selama sebulan, yaitu bulan Juli 2017, sebanyak 142.163 orang datang menggunakan jasa angkutan udara. Angka ini berdasarkan data resmi Badan Pusat Statistik (BPS) untuk jumlah keberangkatan (departure) bulan Juli 2017  untuk semua bandara di Sulawesi Utara (Sulut).

Kepala BPS Sulut Mohamad Edy Machmud menjelaskan, untuk pergerakan penumpang bulan Juli 2017 terdiri dari, penumpang yang datang (arrival) dan penumpang berangkat (departure). “Penumpang yang datang, untuk bulan Juli 2017 sebanyak 142.163 orang. Terbagi dari yang menggunakan penerbangan domestik 134.380 orang dan penerbangan internasional 7.783 orang penumpang,” jelas Machmud.

Angka-angka ini, menurutnya, mengalami kenaikan dibandingkan dengan bulan sebelumnya (Juni 2017). “Penumpang yang datang mengalami kenaikan sebesar 34,10 persen, yang disebabkan terjadinya kenaikan penerbangan domestik sebesar 33,43 persen.  Kemudian, penumpang yang menggunakan penerbangan luar negeri (internasional) juga mengalami kenaikan sebesar 46,77 persen,” tukas Machmud.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara Soekowardojo melalui Deputi Direktur Buwono Budisantoso beberapa waktu lalu mengatakan, pentingnya meningkatkan sektor pariwisata berguna juga untuk meningkatkan kedatangan internasional. “Tourism sangat mudah untuk dijual. Asalkan, yang kita jual itu berkualitas. Nah, untuk berkualitas harus ada yang menanamkan modal,” beber Buwono.

Lanjutnya, kelangsungan iven skala internasional dan nasional juga penting mengangkat pamor Sulut ke kancah internasional. Otomatis, potensi masuknya wisatawan asing makin besar nantinya. “Kondusivitas daerah dan kestabilan perekonomian jadi hal penting yang harus diperhatikan. Bagaimana mereka para wisatawan mau datang di Sulut kalau tidak aman,” tandasnya. (fgn)

Komentar
  • MyPassion
    I simply couldn't leave your website before suggesting that I actually loved the usual info that you supply to us. I’m gonna be back continuously to check up your new posts. Keep Doing like this. Good luck!!!
Kirim Komentar