13 Sep 2017 10:10
Pansus Awali dengan Agenda `Terbang`

Pinjaman 350 M Pasti Disetujui DPRD

MyPassion
Teddy Kumaat

MANADO—Rencana peminjaman dana untuk pembangunan rumah sakit mendapat lampu hijau dari DPRD Sulut. Dalam pertemuan perdana dengan tim eksekutif kemarin, panitia khusus (pansus) yang dibentuk DPRD menyatakan untuk pembangunan rumah sakit pihaknya memberi dukungan penuh. “Yang akan dibangun ini adalah fasilitas publik, karena memang Sulut belum memiliki rumah sakit daerah rujukan, milik Pemprov,” papar Ketua Pansus Teddy Kumaat.

 

Sementara anggota pansus Amir Liputo mengatakan, rencana peminjaman dana sebanyak Rp 350 miliar pada PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) meski sudah mendapat lampu hijau dari DPRD namun harus melalui proses legislasi sesuai dengan aturan. “Artinya kita harus membahas mengenai peraturan daerah yang akan menjadi payung hukum peminjaman dana ini,” tukasnya.

Dilanjutkan Liputo, sangat memungkinkan diberi izin meminjam dana karena nantinya rumah sakit daerah dan rumah sakit mata ini bisa menyumbangkan pendapatan daerah. “Jadi kalau sudah saatnya mengembalikan uang, bisa diambil di PAD rumah sakit,” papar Wakil Ketua Komisi III ini.

Di sisi lain, dijelaskan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Praseno Hadi, ada berbagai mekanisme aturan yang harus dilalui untuk meloloskan pinjaman ini. “Salah satunya harus ada persetujuan DPRD. Untuk itu, hal ini kami bawa ke legislatif untuk dibahas,” ujar Praseno, sembari memperkenalkan singkat PT SMI.

Di lain sisi, dalam rapat perdana ini langsung ditetapkan agenda selanjutnya yakni mendatangi kantor PT SMI. “Kita ingin melihat langsung PT SMI ini seperti apa. Caranya ya ke kantor SMI langsung,” beber Kumaat, yang langsung diiyakan para anggota pansus yang hadir.(gel)

Kirim Komentar