13 Sep 2017 09:52

Pengacara Ahok Bersaksi di PN Manado

MyPassion
BERI KETERANGAN: Humphrey Djemat, dihadirkan sebagai saksi ahli dalam kasus dugaan korupsi mark-up pengadaan komputer dan aplikasi di DP2KBMD Tomohon 2013, di Pengadilan Tipikor Manado, Selasa (12/9).

MANADO—Anggota Tim Pengacara Ahok, Humphrey Djemat, Selasa (12/9) kemarin jadi saksi ahli di Pengadilan Tipikor Manado. Kedatangan pengacara papan atas Indonesia ini, guna memberi keterangan dalam kasus yang menjerat pengacara sekaligus terdakwa NOK alias Notje. Diketahui, Notje dituding melanggar hukum dengan sangkaan menghalang-halangi langkah penyelidikan maupun penyidikan Kejari Tomohon, saat mengusut kasus dugaan korupsi mark-up pengadaan komputer dan aplikasi di DP2KBMD Tomohon 2013 silam, yang menjerat Jerry Item.

Humphrey, yang juga mantan Ketua Asosiasi Advokasi Indonesia (AAI) 2010-2015, hadir untuk memberi keterangan meringankan bagi terdakwa. Dalam sidang yang berlangsung sekira 2,5 jam tersebut, Humphrey memberikan keterangannya sebagai saksi ahli kode etik advokat kepada hakim yang diketuai Alfi Usup MH. Ditemui, usai persidangan, Humphrey menuturkan, pelanggaran kode etik advokat ditentukan oleh Dewan Kehormatan Advokat.

“Dalam Undang-undang Advokat nomor 18 tahun 2003, pun dengan aturan kode etik bersama organisasi advokat, apa yang berkaitan dengan pelanggaran kode etik harus diajukan ke dewan kehormatan. Nah dewan kehormatan inilah yang memutuskan apakah seorang advokat itu melanggar kode etik atau tidak,” tegasnya.

Katanya, tidak ada institusi lain bisa melakukan hal tersebut. Ia mencontohkan, misalnua ada organisasi advokat menyatakan kalau seorang jaksa telah melakukan pelanggaran kode etik. Padahal jaksa punya dewan kehormatan sendiri. Pun advokat menyatakan hakim telah melanggar kode etik, padahal hakim mempunyai kode etik sendiri. “Intinya, dengan demikian, yang berhak mengadili advokat melanggar kode etik adalah masing-masing institusi tersebut. Pertanyaanya apakah dalam kasus ini sudah ada pelanggaran yang diputuskan oleh dewan kehormatan advokat?,” terangnya.

Karena menurutnya, kasus ini belum ada putusan dari dewan kehormatan advokat. Tapi ternyata jaksa telah mengajukan dalam dakwaanya telah terjadi pelanggaran. “Akhirnya saya sebagai saksi ahli menyatakan, ini terlalu premature. Terlalu mendahului, padahal belum ada putusan dari dewan kehormatan. Ini intinya,” terang Djemat.

Terlepas dari dirinya dihadirkan sebagai saksi ahli, dia menyampaikan kasus ini terlalu dipaksakan. Kata Humphrey, apa yang terjadi kepada pihak terdakwa, diduga adalah upaya balas dendam dari pihak atau oknum tertentu. “Karena sewaktu terdakwa dikatakan menghalangi pemeriksaan saksi, masih dalam konteks profesinya sebagai advokat. Sekarang pertanyaannya, waktu dia memberikan pandangan dan pendapatnya kepada para saksi, bahwa jangan menandatangani, dianggap menghalangi proses hukum. Kan dia advokat, jadi dia bisa memberikan pendapatnya kepada klien untuk jangan menandatangani BAP.

Karena hal ini dimungkinkan, sesuai ketentuan hukum acara pidana yang berlaku. Bahwa berhak untuk tidak menandatangani berita acara pemeriksaan, dengan mekanisme yang diatur untuk menandatangani berita acara penolakan,” jelasnya sembari menyebutkan, yang salah ketika ada advokat mengajari kliennya berbohong atau menghilangkan barang bukti.

“Itu baru disebut ada pelanggaran yang jelas untuk menghalang-halangi penyidikan. Dan apa yang dilakukan oleh terdakwa sudah sesuai dengan kode etik advokat yang berlaku dan profesinya. Pun dia sudah memperhitungkan apa konsekuensi kalau tanda tangan atau tidak. Itu Juga merupakan strategi dari pada advokat,” tutup Humprey.(riedel/ctr-06/gnr)

Komentar
  • MyPassion

    maikeli001
    13 Sep 2017 20:26

    i am also very very love it,I am Amos.z from The forefront of absolute fashion trends, exclusive news presentation! If you want to know more, please continue to pay attention to @http://www.bootsshoppingonline.com and turn on those alerts for more updates on this release. Otherwise, take a look at listed retailers/ raffles below and good luck on the morning of release. Web:www.bootsshoppingonline.com WhatsApp:+8617081681935 Email:maikeliu001@hotmail.com
Kirim Komentar