13 Sep 2017 10:24
Deadline Dapodik 30 September

Guru Sertifikasi Berkurang

MyPassion

MANADO—Jumlah guru sertifikasi di Manado berkurang. Ada 31 guru yang kini tak lagi masuk dalam daftar penerima tunjangan sebulan gaji itu. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado DR Deysie Lumowa melalui Kepala Bidang Pembinaan SMP Hans Sinkara mengungkapkan, berdasarkan data jumlah penerima dari triwulan satu ke triwulan dua berkurang 11 orang. ”Pengurangan ini karenakan ada yang sudah pensiun dan meninggal dunia,” katanya.

Begitu juga guru SD, seperti disampaikan Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar M Lumi. Lumowa sendiri memastikan, tunjangan tersebut masih akan dicairkan. Namun, penerima di triwulan 3 masih menunggu SK Dirjen. ”Ada ada pengurangan atau penambahan jumlah TS masih menunggu SK Dirjen. Sebab SK Dirjen satu tahun dua kali keluar. Untuk triwulan satu dan dua satu SK Dirjen. Kemudian triwulan tiga dan empat satu SK Dirjen,” jelas mantan Kepala SMA N 1 Manado.

Menurutnya, SK Dirjen keluar berdasarkan data pokok pendidikan (dapodik) yang diinput operator masing-masing sekolah. Apabila datanya valid mereka berhak penerima TS guru.”Sekarang batas pemasukkan dapodik sampai 30 September. Jika lewat hangus utnjangannya,” ungkap Lumowa.

Jika SK Dirjen sudah keluar pihaknya akan langsung memproses pencairan. Tapi dengan catatan persyaratannya harus dilengkapi terlebi dahulu. ”Pencairan TS guru tidak ada namanya pungutan liar. Sebab dananya langsung ditransfer direkening masing-masing penerima,” tandasnya. (ite)

Kirim Komentar