13 Sep 2017 09:34

9 Gol Lebih Aman

MyPassion

YANGON – Timnas U-19 Indonesia sulit untuk tenang dalam pertandingan pemungkas grup B Piala AFF U-18 2017 melawan Brunei Darussalam di Yangon sore (13/9), hari ini. Sebab, kalau pun mereka hanya menang 6-0 atas Brunei, maka Myanmar dan Vietnam yang punya kans lolos lebih besar.

 

          Ya, akibat kekalahan 0-3 oleh Vietnam kemarin di Stadion Thuwunna, Yangon, Indonesia kehilangan posisi dua besar grup B. Kini, Vietnam yang memimpin dengan 9 poin, lalu disusul Myanmar dan Indonesia dengan 6 poin. Hanya, Myanmar berhak di posisi kedua lantaran lebih produktif.

          Nah, yang jadi masalah, dalam pertandingan terakhir, jadwal pertandingan tidak dilangsungkan dalam waktu yang berbarengan. Indonesia versus Brunei pada sore hari dan Myanmar melawan Vietnam pada malam hari. Peluang untuk main mata sangat besar. Sebab, ada peluang tiga tim berakhir dengan koleksi 9 poin.

          Saat ini, koleksi gol Indonesia tertinggal enam gol di belakang Myanmar yang berada di posisi kedua. Kalau Indonesia hanya menang 6-0 atas Brunei pada sore hari dan pada malam harinya Myanmar menang 1-0 atas Vietnam, maka Indonesia dipastikan kehilangan tiket semifinal.

          Cara terbaik bagi untuk aman dari main mata adalah Indonesia kudu menang dengan selisih di atas sembilan gol atas Brunei. Sebab, itu membuat Indonesia sekaligus mengancam posisi Vietnam yang sekarang memiliki keunggulan delapan gol atas Indonesia.

Di sisi lain, berkat kemenangan itu, pelatih Vietnam Hoang Anh Tuan optimistis anak asuhnya bisa lolos ke semifinal. Target sebagai juara grup B juga tidak berubah. Itu artinya, mereka akan tetap tampil maksimal berusaha menang melawan Myanmar dalam laga pemungkas hari ini.

          “Hanya satu kata untuk menggambarkan laga ini: puas. Kami menghormati semua tim yang tampil di sini. Saya tidak pikiran untuk cari aman di laga terakhir. Target awal harus tercapai sehingga kami harus menang,” ucap pelatih 49 tahun itu.

          Lebih menguntungkan bagi Indonesia kalau Vietnam bermain ngotot dalam laga pemungkas. Sebab, kalau Vietnam setidaknya imbang melawan Myanmar, itu membuka peluang Indonesia lolos, dengan catatan menang atas Brunei dalam pertandingan terakhir.

Diketahui, pada gelaran ini, AFF memakai sistem agresivitas gol baru head to head. Jadi, belum ada tim yang bisa dipastikan lolos ke semifinal dari Grup B.

Pada AFF U-19 2011 lalu, Garuda Muda pernah buat sensasi dengan memberondong Brunei 10 gol tanpa balas di Aung San Stadium, Yangon. Hal ini jelas bisa jadi bahan pelecut semangat. (jpg/vip)

Kirim Komentar