12 Sep 2017 10:02

Tunggu Hasil Verifikator, Pengumuman Jawara PSKR Ditunda

MyPassion
Moody Rondonuwu

MANADO - Pesta Seni dan Kreativitas Remaja (PSKR) Sinode GMIM 2017 sukses digelar. Ketua KPRS GMIM Pnt Ir Moody Rondonuwu, Minggu (10/9) mengungkapkan, penilaian PSKR belum bisa dipublikasikan karena belum bersifat final. "PSKR diikuti sekitar 7.200 peserta dalam 21 kategori lomba. Namun, untuk hasilnya akan diumumkan secara resmi setelah diverifikasi," ungkap Rondonuwu.

 

Menurutnya, kenapa nilai dari dewan juri belum bersifat final, karena perlu dilakukan uji publik. Artinya pengujian yang dilakukan oleh seluruh warga yang peduli terhadap pelayanan remaja GMIM. “Uji publik dapat dilakukan dengan cara mengakses situs yakni https://pendaftaran.remaja.gmim.or.id/tables2.php," terangnya.

Dia mengungkapkan, uji publik ditunjuk untuk mendapatkan informasi terkait keabsahan peserta lomba dari berbagai kalangan yang mengetahui data/identitas peserta. "Misalnya jemaat A mengikutsertakan peserta yang bukan anggota jemaat tersebut, lalu membuatkan kredensi sebagai persyaratan. Kemudian jemaat B mengikutsertakan peserta yang tidak memenuhi persyaratan umur lalu menggunakan akte orang lain yang sesuai umurnya,” katanya.

Lanjut, jika terjadi demikian, maka panitia dan tim verifikator akan kesulitan mengetahui kebenarannya, jika tidak mengenal peserta karena hanya melakukan verifikasi berdasarkan data yang dimasukkan.

Oleh karena itu kata Rondonuwu, dengan adanya uji publik warga yang membuka data di website dan mengetahui kebenaran mengenai peserta, dapat mengkonfirmasi dan dilakukan perubahan atas pelanggaran. “Sangat disayangkan jika ada pembina remaja yang melakukan hal tersebut, lalu masih bersikeras tidak menerima tindakan dari panitia/verifikator," pungkas Rondonuwu. (ela/ite)

Komentar
Kirim Komentar