12 Sep 2017 10:08
Lagi, DPRD Tunda Reses

Gaji Baru (Harusnya) Diterima September

MyPassion

MANADO—Para legislator di DPRD Sulut baru saja terima gaji untuk bulan September. Namun dari pengakuan sejumlah anggota, gaji yang biasa ditransfer di rekening itu, nominalnya masih sama. Yakni berkisar di angka Rp 21 juta. Padahal seharusnya jika mengikuti Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2017 yang disahkan tertanggal 30 Mei 2017, September ini sudah harus memakai gaji baru.

 

“Karena dalam penjelasan, diberi tiga bulan untuk dibentuk dasar hukumnya di daerah. Artinya, Juni, Juli, Agustus bisa menggunakan gaji lama meski aturan lebih di atas sudah ada yang terbaru. September harusnya sudah dimulai dengan gaji baru, apalagi kita sudah memiliki Perda dan Pergub telah ditandatangani,” papar Wakil Ketua DPRD Sulut Stefanus Vreeke Runtu (SVR). Ditekankan SVR, ini bukan menitikberatkan pada kenaikan gaji namun penegakan aturan.

Anggaran yang ditata di APBD Perubahan 2017 adalah untuk bulan September, Oktober, November, dan Desember. Jadi tidak ada alasan jika tidak direalisasikan,” terangnya. Hal yang sama dikatakan anggota Fraksi PDI-P Jems Tuuk. “Kita tekankan, ini bukan soal kenaikan gaji. Tapi aturan yang harus dijalankan. PP 18 sudah ada, Perda dan Pergub pun lengkap,” tutur anggora Komisi I ini.

Ketua Pansus Perda Hak Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD Billy Lombok mengatakan, pihaknya sudah menyelesaikan tugas. Pergub pun sudah ditandatangani pada 6 September lalu. “Nominalnya sudah ada, tapi belum kami tahu jelasnya,” kata Lombok.

Di sisi lain yang cukup menarik, reses yang dijadwalkan 12 September kembali ditunda. Bahkan seharusnya reses dilaksanakan Agustus lalu. Soal ini SVR beralasan banyak agenda DPRD yang harus diselesaikan. “Seperti paripurna HUT,” tandasnya. Sedangkan dari pantauan wartawan, kemarin digelar rapat bersama Sekprov Sulut Edwin Silangen di ruang Ketua DPRD. Disinyalir rapat tersebut membahas mengenai gaji DPRD September yang belum dibayar sesuai dengan PP 18.(gel)

Kirim Komentar