12 Sep 2017 11:52

Empat Kali WTP Berturut-turut, Eyang Diundang Jokowi

MyPassion
Sehan Landjar

BOLTIM—Bupati Boltim Sehan Landjar mendapat undangan khusus dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Undangan tersebut, untuk kepala daerah yang empat kali atau lebih mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP). "Saya dapat informasi dari Kepala Badan Keuangan. Daerah yang mendapatkan empat kali WTP atau lebih diundang khusus presiden ke Istana Negara," ungkapnya.

Bupati yang akrab disapa Eyang ini mengungkapkan, ini merupakan penghargaan dari presiden. "Ini tentunya menjadi support dari presiden. Bagaimana kepala daerah mempertahankan pengelolaan keuangan secara baik," ungkap suami Nursiwin Landjar Dunggio ini.

Landjar menambahkan, jika dalam pertemuan tersebut diberikan kesempatan berdiskusi dengan presiden, ada sejumlah hal yang akan disampaikan. “Seperti tentang pengalihan sejumlah kewenangan ke tingkat propinsi yang dinilai tidak tepat. Di antaranya pengalihan kewenangan sekolah dan sejumlah perizinan. Yang kenyataanya, bukan menyelesaikan masalah tapi memindahkan masalah. Padahal, akan lebih baik lagi jika dikembalikan ke daerah," ungkapnya.

Ditanya apakah dia juga akan menggunakan kesempatan tersebut untuk menyampaikan hasil perjuangan pemekaran daerah, Landjar mengaku tidak. Menurutnya, itu sudah disampaikan secara resmi oleh Forkonas CDOB.

"Kita harus profesional, karena acaranya tidak dalam konteks itu. Namun, Forkonas sudah melayangkan surat resmi hasil rembuk nasional lalu," ungkap Ketua Umum Forkonas CDOB ini.

Terpisah, Kepala Badan Keuangan Boltim Oscar Manoppo mengatakan, Pemkab Boltim akan mendapatkan piagam penghargaan juga dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia. Piagam penghargaan akan diserahkan Mentri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Kamis (14/9) nanti.

Penghargaan ini terkait keberhasilan menyajikan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD). "LKPD tahun 2016 Kabupaten Boltim menjadi yang ke empat secara berturut-turut," ungkap Manoppo. Menurut suami dari Kabag Ekonomi Rosita Pobela ini, penyerahan penghargaan akan dirangkaikan pada rapat kerja nasional (rakernas) akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah di Jakarta.

Dia menjelaskan, pelaksanan kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Gedung Dhanapala Kementrian Keuangan RI. Menurutnya, terdapat sejumlah daerah yang akan hadir bersama pada kegiatan yang rencana pembukaanya akan dilaksanakan di Istana Negara itu. "Ini masih kita pastikan ulang. Karena yang diundang 34 gubernur. Dan bupati hanya 38 dan 15 wali kota," jelas Manoppo. Kabupaten Boltim sendiri, 2017 ini meraih opini WTP yang keempat kali secara berturut-turut sejak 2013. (ctr-03/can)

Kirim Komentar