11 Sep 2017 12:56

Rumah Raja Mocodompis Ini Sudah Berumur 109 Tahun

MyPassion
SEJARAH : Bangunan rumah belanda dari raja WMP Mocodompis masih berdiri kokoh. foto lain sisa perabot dapur dan buku-buku peninggalan raja. Foto: Sriwani/MP

Berdiri sejak tahun 1908, merupakan rumah zending atau rumah belanda peninggalan Raja WMP Mocodompis. Sampai saat ini masih terawat dengan baik dan berdiri kokoh.

 

Laporan : Sriwani Adolong

MANGANITU-- Letaknya di Lendongan Dua Kampung Taloarane Induk Kecamatan Manganitu. Itulah rumah Raja Manganitu Welem Manuel Pandesolang (WMP) Mocodompis, yang berdiri di atas tanah seluas hampir dua hektare.

Di samping kananan terdapat sebuah makam dari Putri Raja yang bernama Yolanda WJ Mocodompis yang meninggal pada 20 November 1986. Sedangkan di samping kiri terdapat dua pohon Mangga yang besar yang juga berumur ratusan tahun dan sebuah bangunan kecil, yang dihuni keturunan raja. 

Popo Mema turunan keenam yang menjaga rumah raja menceritakan, rumah tersebut sudah berdiri sejak 1908. "Saat ini sudah berumur 109 tahun dan bangunannya masih kokoh. Banyak wisatawan yang datang berkunjung untuk melihat isi rumah," cerita Popo.

Terlihat atap rumah raja berwarna merah, dinding putih abu-abu, jendela merah dihiasi fentilasi berwarna krem. Lantai keramik yang bercorak hitam putih dengan abstrak seperti jantra kapal ini, memiliki enam ruangan."Ada ruangan tamu, ruang keluarga, ruang kerja raja yang memiliki pintu penghubung ke dua kamar. Kamar yang pertama memiliki kamar mandi dalam dan kamar yang kedua masih terdapat ranjang tempat tidur yang terbuat dari besi berwarna krem. Kemudian setelah ruang keluarga ada ruang makan," jelas Popo. 


Sisa-sisa perabotan peninggalan raja, masih tergeletak utuh di ruang makan. Ada lemari yang menyimpan alat-alat makan, dan juga di ruangan keluarga terdapat lemari yang menyimpan sekira ratusan buku-buku dari raja."Kami akan terus menjaga dan merawat rumah raja ini. Ketika ada orang-orang yang berkunjung kami langsung mengantar untuk melihat dalamnya. Dan juga di ruang tamu terdapat kursi dan meja agar pengunjung bisa duduk sambil berbincang," tutupnya. (***)

Kirim Komentar