11 Sep 2017 10:31
Pusung Pimpin Polres Minahasa

Jelang Pilkada, Tiga Kapolres Dimutasi

MyPassion

MANADO—Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018, tiga Kapolres jajaran Polda Sulut, di tiga daerah pemilihan dimutasi. Itu berdasarkan telegram Mabes Polri nomor: ST/2162/IX/2017 tanggal 9 September, tentang Pemberhentian dari dan pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Kini tiga Markas Polres dipastikan dipimpin pejabat baru paling lambat 14 hari ke depan, terhitung saat telegram ini ditetapkan.

 

Mulai dari Polres Minahasa. Kapolri Jenderal Tito Karnavian kini mempercayakan putra Sulut, AKBP Christ Reinhard Pusung untuk menjadi Kapolres Minahasa. Sebelumnya, Pusung memimpin Polres Palu dari Polda Sulteng. Dirinya menggantikan AKBP Syamsubair yang dipromosi sebagai Wadirreskrimsus Polda Kalimantan Barat.

Kemudian Kapolres Bolmong segera dikomandoi oleh AKBP Gani Fernando Siahaan, yang kini masih menjabat Kasubdit I Tipikor Ditresmkrimsus Polda Sulut. Gani akan menggantikan AKBP Faisol Wahyudi yang dimutasi sebagai pamen Polda Sulut.

Terakhir, ada Kapolres Talaud yang segera dijabat AKBP Marojahan Denny Irawan Situmorang. Menggantikan AKBP Hendra Sukaca, yang dimutasikan sebagai Pamen Polda Sulut. Situmorang, kini masih menjabat Kabagbinopsnal Ditreskrimsus Polda Sulut.

Di sisi lain, posisi Wadirlantas Polda Sulut juga bergeser. AKBP Deden Supriyatna Imhar dipercayakan Mabes Polri untuk membantu peran Dirlantas Kombes Pol Ari Subiyanto. Deden saat ini masih bertugas sebagai Kapolres Kepulauan Sula jajaran Polda Maluku Utara.

Namun, tugasnya sebagai Kapolres Sula bakal digantikan AKBP Jan WI Makatitta, kini masih menjabat sebagai Kasubdit II Ditreskrimsus Polda Sulut. Dalam telegram ini, putra Sulut lainnya AKBP Yossy Runtukahu, yang menjabat Wadirresnarkoba Polda Sumatera Utara, dipromosi dalam jabatan baru, sebagai Wadirresnarkoba Polda Sumatera Selatan. Diketahui, berdasarkan isi telegram ini, total ada 118 perwira menengah yang dimutasi pimpinan Polri.

Saat dikonfirmasi, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Ibrahim Tompo membenarkan keluarnya telegram mutasi dari Mabes Polri. “Mutasi kan tujuannya juga untuk pengembangan karir anggota Polri. Kami harap pimpinan Polres yang baru mendapat dukungan dari masyarakat di tempat masing-masing bertugas,” tandas perwira tiga melati ini.(gnr)

Kirim Komentar